Siswa Baru MTSn 2 Kepahiang Diminta Bayar Rp 350 Ribu

KEPAHIANG,bengkuluekspress.com – Penarikan dana bagi siswa-siswi baru tahun 2021 dilakukan oleh Madrasah Tsanawiyah Negari (MTsN) 2 Kabupaten Kepahiang. Setiap siswa dipungut biaya sebesar Rp 350 ribu dengan alibi sebagai Down Payment (DP) atau uang muka dana pembuatan seragam sekolah yang hingga sekarang belum ditetapkan besarannya oleh pihak komite sekolah. Pembayaran dana yang juga disebut wali murid sebagai biaya daftar ulang, karena pembayaran dilakukan dari tanggal 19 april -24 april 2021. Jika tidak melunasi, maka pihak sekolah menganggap siswa bersangkutan mengundurkan diri. Anehnya kwitansi pembayaran itu tidak mencantumkan kegunaan pembayaran, hanya menuliskan nominal angka dan ditanda tangani oleh Drs Sarpani.
“Memang tidak ada ditulis kegunaannya dikwitansi, tapi saat pembayaran dijelaskan bila dana Rp 350 ribu itu sebagai uang seragam. Kata sekolah, kalau tahun lalu uang seragam untuk siswa putri Rp 1.350 ribu kalau putra Rp 1.250 ribu. Jadi kalau sudah bayar sekarang, nanti tinggal melunasi sisanya,” ujar R (36) warga Kecamatan Tebat Karai anaknya lulus seleksi di MTs Negeri 2 Kepahiang.

Sayangnya ketika ingin dikonfirmasi di sekolah, Kepala Sekolah (Kepsek) MTsN 2 Kepahiang Supriyadi SPd sedang tidak ada ditempat.
“Besok saja ya, bapak kepala sekolah dan wakil kesiswaan juga sedang keluar,” ungkap Junaidi keamanan sekolah.

Waktu ditanya proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) disekolah itu, Juanaidi tidak menampik bila sekolah tempatnya bekerja sudah melakukan seleksi murid baru.
“Kalau pendaftaran siswa baru sudah selesai pak,” sebutnya.

Sementara Kasi Madrasah Kemenag Kepahiang, Rusiati SAg membenarkan jika sekolah dijajaranya sudah melaksanakan PPDB tahap awal dengan jalur prestasi. Sedangkan PPDB secara umum akan dibuka mulai bulan depan.
“Bulan mei, itu (Sekarang, red) PPDB untuk siswa berprestasi, mereka akan PPDB secara umum,” tutup Rusiati. (320)