Siswa Baru Dilatih Menembak

TEDI - Para siswa SMAN 2 Kota Bengkulu mengikuti MOS di Makorem Bengkulu, kemarin
BENGKULU, BE – Sebanyak 288 siswa baru SMAN 2 Kota Bengkulu kemarin (9/8) mendapat pelatihan menembak dari Korem 041 Gamas Bengkulu. Setiap murid mendapat pengetahui penggunaan senjata jenis PCP dengan tiga butir peluru untuk membidik sasaran.
Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) Mayor Infantri Tafakhul Z menuturkan, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan serta memupuk rasa kebersamaan antar peserta. Sebab dalam penembakan itu dilakukan atas perintah komando. “Saat menembak semua atas satu aba-aba sehingga dilakukan secara bersama, tujuannya jelas agar peserta meningkatkan disiplin,” tegas Tafakhul.
Selain materi menembak, peserta juga diberi materi umum, seperti PBB, tata upacara, wawasan kebangsaan. Hal itu diberikan, katanya, supaya pelajar dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme di dalam diri serta lingkungannya. “Dengan demikian tingkat pelanggaran pelajar seperti tawuran dapat ditekan sebab jiwa kebersamaan telah terbangun dengan pelatihan yang dilaksanakan ini,” ungkapnya.
Kapanrem mengatakan kegiatan yang difukuskan dilingkungan Makorem 041 Garuda Emas Padang Harapan Bengkulu ini berlangsung selama dua hari, dengan lebibatkan 17 anggota TNI sebagai instruktur. “Pelatihnya 15 prajurit, serta 2 orang periwira,” ujarnya.
Kegiatan terlaksana atas permohonan dari pihak sekolah untuk melaksanakan masa orientasi siswa (Mos) murid-murid baru. “Dengan tujuan untuk membina mentalitas dan displin siswa, dengan meningkatkan rasa percaya diri sehingga kita lakukan di Korem,” terang Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 2 Kota Bengkulu, Drs Muswardi didampingi Pembina Osis Lasman Sori SPd, kemarin (9/8). (320)