Sirkuit Motogi, Ajang Persaingan Lorenzo versus Pedrosa

Suhu persaingan perebutan gelar juara MotoGP 2012 kian tinggi di empat balapan tersisa. Pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa terus menekan untuk bisa menyalip Jorge Lorenzo (Yamaha) di fase terakhir kompetisi. Hasil latihan MotoGP jepang di Sirkuit Motegi, Jumat (12/10) menjadi gambaran kecil.

Lorenzo dan Pedrosa kembali menunjukkan bahwa mereka yang bakal mendominasi balapan ke-15 di musim 2012. Lorenzo menjadi yang tercepat pada latihan pertama, tapi pada sesi siang hari, giliran Pedrosa yang mengalahkannya. Akan tetapi, selisih waktu yang hanya 0,1 detik memberikan peluang terjadinya balapan seru di Motegi.

Pedrosa mengaku sangat puas dengan performa motornya di sesi latihan kemarin. Setelah kalah dari pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, di latihan pembuka, pembalap Spanyol ini bisa membalasnya di latihan kedua.

Sebenarnya, Honda sudah menunjukkan bahwa mereka merupakan tim yang sangat kompetitif di setiap balapan. Bahkan, dalam empat seri terakhir, Pedrosa berhasil meraih tiga kemenangan, hanya kegagalan akibat kecelakaan di GP San Marino. Pedrosa pun jadi favorit untuk melanjutkan momentum kemenangannya.

“Target utama hari ini adalah mencoba ban dan kami menyelesaikan sejumlah lap dengan bagus, baik menggunakan ban keras maupun soft. Aspalnya pun baru dan grip cukup bagus sehingga catatan waktu lap cukup cepat dari awal. Kami juga melakukan sejumlah pekerjaan pada suspensi dan pemetaan untuk terus melakukan perbaikan pada pagi ini,” ujarnya.

Pedrosa berada di peringkat kedua klasemen sementara dan terpaut 33 poin dari rivalnya di tim Yamaha, Lorenzo. Dengan empat seri tersisa, Pedrosa tetap memiliki peluang menjadi juara dunia, dengan catatan dia harus memenangkan seluruh balapan tersisa dan hasil terbaik Lorenzo adalah finis di posisi ketiga.

Penampilan Lorenzo tak kalah stabil. Dia baru kehilangan posisi teratas saat sesi latihan menyisakan satu menit. Lorenzo hanya terpaut 0,1 detik sehingga dia cukup yakin dengan performa Yamaha M1 yang secara tradisi mengalami kesulitan di Motegi.

“Kami memulai dengan arah yang benar di sini, jauh lebih baik dibandingkan dengan di Aragon ketika kami mengalami masalah dengan ketahanan ban belakang,” ujar Lorenzo.

Lorenzo yakin penampilan di sesi latihan kemarin bukan yang terbaik bagi motornya. Dia merasa masih ada area yang bisa diperbaiki untuk membuat lebih cepat.

“Kami memiliki kecepatan yang sangat bagus dan dengan sedikit perubahan pada sistem elektronik bisa sedikit lebih cepat lagi. Para pembalap Honda sangat bagus di sini, tetapi motor kami juga, sehingga saya pikir kami bisa bertarung dengan mereka untuk meraih kemenangan,” jelasnya. (ady)