Singapura Permalukan Malaysia 3-0

KUALA LUMPUR — Juara bertahan Malaysia melakukan star buruk di penyisihan grup B AFF Cup 2012. Bermain di kandang sendiri, Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Minggu (25/11), Malaysia dipermalukan 0-3 oleh Singapura.
Dengan hasil ini, Singapura berhasil memuncaki grup B dengan poin 3. Indonesia dan Laos yang bermain imbang 2-2 di pertandingan perdana berada di posisi 2 dan 3 dengan poin 1. Sementara Malaysia untuk sementara menjadi juru kunci.

Bermain di hadapan 40 ribu pendukungnya, Malaysia tampil terbebani sebagai juara bertahan. Permainan yang ditunjukan anak asuh Rajagopal ini lemah dari koordinasi lini per lini.

Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik Singapura untuk menguasai pertandingan. Setelah melakukan serangkaian serangan, Singapura akhirnya unggul di menit 32 melalui Sharil Ishak.

Sepakan gelandang The Lions itu dari dalam kotak penalti tak mampu dihadang Fahmi. Singapura kini unggul 1-0 atas tuan rumah Malaysia!

Sharil Ishak kembali mencatatkan namanya di papan skor di menit 37 yang membuat publik Bukit Jalil terdiam. Kali ini Sharil berhasil memanfaatkan blunder kiper Malaysia Khairul Fahmi lewat sundulan kepala.

Malaysia yang tidak ingin malu di depan pendukung sendiri mencoba bangkit. Tapi hingga babak pertama usai, Malaysia tetap tertinggal 2-0.

Di babak kedua, Rajagopal melakukan sedikit perubahan.  Ia mengganti Mohd Khyril Muhymeen dengan Wan Zack Haikal bin Wan Noor. Selain itu Rajagopal juga memasukan Mahali Jasuli menggantikan Azmi Muslim.

Pergantian ini membuat permainan Malaysia lebih hidup, terutama di sektor sayap kanan. Sayang Malaysia tidak bisa mengubah skor karena rapatnya pertahanan Singapura.

Asyik menyerang, Malaysia kembali kebobolan. Singapura memanfaatkan kelengahan lini belakang Malaysia pada menit 74 oleh Aleksandar Duric di menit 74. Striker jangkung itu memanfaatkan crossing Shahdan yang tak mampu dihentikan Fahmi.

Di sisa pertandingan Malaysia mencoba menipiskan kekalahan. Upaya terakhir Norshahrul di masa injury time hanya menerpa tiang gawang. Hingga wasit  V. Kovalenko meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap 3-0 untuk Singapura. (abu/jpnn)