Silpa 2019 Tinggi, Dewan Minta Kinerja OPD Dievaluasi

FOTO IMAN/ BE- Waka I DPRD Kota Bengkulu, Marliadi SE.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Anggota DPRD Kota Bengkulu sudah mengesahkan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Pemda Kota Bengkulu tahun 2019. Namun ada beberapa catatan penting yang dikritik dewan terkait tingginya Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) tahun 2019 yang menyisakan Rp 90 miliar lebih.

Dewan meminta sebagian besar OPD yang masih menyisakan silpa untuk segera dievaluasi.

Hal tersebut disampaikan Waka I DPRD Kota Bengkulu, Marliadi saat ditemui awak media seusai melakukan rapat internal terkait pembahasan LKPJ di Kantor DPRD Kota Bengkulu, Senin (20/07). Ia menilai kinerja beberapa OPD belum maksimal karena tidak bisa membelanjakan anggaran yang tersedia dengan baik.

“Kita kritik pihak eksekutif untuk mengevaluasi OPD yang menyisakan Silpa. Hampir sebagian OPD menyisakan silpa cukup besar, khususnya seperti Dinas PUPR yang juga banyak menyisakan silpa karena beberapa kali gagal lelang dan beberapa proyek yang tidak tuntas hingga menyisakan silpa,” jelas Marliadi.

Ia berharap untuk tahun ini para OPD lebih maksimal dalam membelanjakan anggaran yang tersedia. Marliadi meminta Walikota sebagai lembaga eksekutif segera mengevaluasi OPD yang memiliki kinerja buruk dalam pengelolaan anggaran. (Imn)