Silpa 2019 Diprediksi Capai Rp 30 M

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) APBD tahun 2019 ini diprediksi mencapai Rp 30 miliar. Silpa tersebut diperkirakan terbanyak dari kegiatan pembangunan infrastruktur fisik. Diperoleh dari sisa dari pagu anggaran setelah adanya penawaran oleh pihak rekanan.

“Silpa mayoritas di pereolah dari kegiatan fisik sisa dari pagu, soalnya kontraktor biasanya menawar pekerjaan lebih rendah dari pagu. Termasuk silpa diperoleh dari kegiatan yang tidak dilakukan serta bersumber dari kegiatan non fisik,” kata Anggota TAPD Kabupaten Mukomuko, Haryanto dikonfirmasi, kemarin.

Meskipun TAPD memprediksi total Silpa maksimal Rp 30 miliar, hingga saat ini, asumsi Silpa pada pembahasan RAPBD 2020 masih sebesar Rp 43 miliar. Dengan masih besarnya asumsi Silpa tersebut, dikhawatirkan terjadi lagi rasionalisasi anggaran pada saat tahun anggaran berjalan seperti tahun 2019 ini.

“Ini belum final. Karena pembahasan masih berlanjut antara TAPD dan badan anggaran (Banggar),” ujarnya.

Diketahui, tahun 2019 ini, Pemkab Mukomuko melakukan rasionalisasi pelaksanaan APBD 2019 yang telah diketok palu oleh DPRD saat itu. Pasalnya, asumsi Silpa terlampau besar mencapai Rp 75 miliar tidak klop dengan Silpa yang terkumpul, yakni hanya sebesar Rp 24 miliar.



Akibatnya, terjadi defisit anggaran mencapai Rp 50 miliaran lebih. Sehingga berdampak pada pembatalan sejumlah pekerjaan yang sudah tertuang dalam APBD 2019.(900)