SILPA 2017 Capai Rp 17,9 M

uang-dana
foto : ist

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Berdasarkan laporan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong atas Pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran (TA) 2017, diketahui Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SILPA) Kabupaten Lebong mencapai Rp 17,9 miliar lebih. Masih besarnya SILPA di TA 2017 di Kabupaten Lebong, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lebong, Anita Andriani Ssos Msi, meminta kepada Pemkab Lebong pada tahun 2018 ini agar lebih lebih bijak dalam menyerap dan melaksankan anggaran. “

Sehingga bisa memperhitungan anggaran atau SILPA yang ditahun 2017 ini mencapai Rp 17 miliar lebih,” ucapnya kemarin.

Sementara itu, anggota DPRD Lebong, Widuri Vivi Silviana SE, mengatakan bahwa timbulnya SILPA diakibatkan perencanaan yang dilakukan Pemkab Lebong masih belum matang dan mengakibatkan banyaknya kegiatan di tahun 2017 yang lalu tidak terlaksana. “Kedepan kami meminta kegiatan dapat terlaksana, tidak ada lagi adanya alasan gagal lelang atau yang lainnya,” ujarnya.

Menyikapi masih besarnya SILPA di tahun anggaran 2017 yang lalu, Bupati Lebong H Rosjonsyah Sip Msi, mengaku hal tersebut dikarenakan rendahnya perencanaan setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan.



“Untuk itulah masih ada kegiatan yang tertunda,” jelasnya kemarin.

Masih besarnya SILPA di tahun 2017 yang lalu, kedepan Pemkab Lebong suah mengsinkronisasikan program dan kegiatan melalui E-planing dan E-Budgeting, sehingga nantinya pelaksanaan program dan kegiatan dapat terlaksana dan terserap dengan baik. “E-Planing dan E-Budgeting sendiri telah kita mulai melaksanakannya di tahun ini,” sampainya. Sebelumnya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lebong, “ tutupnya.(614)