“SIKOLA” Maskot Pilkada Kepahiang 2020

Foto : Ist

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang memilih “Sikola” sebagai maskot Pilkada Kepahiang tahun 2020. Sikola singkatan dari Si Kopi dan Lada yang merupakan tanaman indemik masyarakat di Kabupaten Kepahiang, karena paling banya dibudidayakan para petani.

Ketua KPU Kepahiang Mirzan Pranota Hidayat menjelaskan, selaian bermakna kopi dan lada Sikola juga akronim dari Sistem Konstitusi Langsung. Diharapkan juga bisa meningkatkan semangat masyarakat untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilihan kepala daerah.

“Tentunya berkaitan erat dengan Pilkada yang akan diselenggarakan tahun depan. Kita akan memilih secara langsung pemimpin Kabupaten Kepahiang,” ungkap Mirzan.

Menurutnya, Sikola juga memiliki arti mengajak agar masyarakat menggunakan hak pilih kembali di TPS-TPS pada Rabu, 23 September 2020 nanti. “Dalam bahaya kita khususnya Melayo, kata Siko ialah mengajak kesini (TPS) untuk mencoblos,” ucap Mirzan.

Sikola yang jadi maskot Pilkada Kabupaten Kepahiang tersebut berbentuk biji kopi yang dilengkapi mata, hidung, mulut tersenyum tanpak gigi dengan rambut teridir dari buah dan daun lada. Kemudian memakai batik khas Kepahiang yaitu Batik Diwo. Dengan ekspresi riang akan menggunakan hak pilih dengan memegang paku dan surat suara yang akan dicoblos.

KPU Kepahiang menargetkan launching maskot Pilkada 2020 pada tanggal 30 November 2019 nanti. Setelah peluncurkan Maskot Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu oleh KPU Provinsi Bengkulu tangal 23 November. (320)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*