Sigap Hadapi Bencana Alam, BPBD Kota Bengkulu Sebut Ketersediaan Logistik Cukup

FOTO IST/ Kepala BPBD Kota Bengkulu, Selupati.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu bersama Dinas Sosial (Dinsos) menjamin logistik masih cukup hingga akhir tahun. Logistik berupa beras, mie instan hingga selimut disiapkan jika nantinya kembali terjadi bencana alam seperti banjir dan bencana alam lainnya.

Apalagi beberapa hari kedepan diprediksi curah hujan masih tinggi hingga akhir tahun ini. Pihak BPBD selalu siaga jika sewaktu-waktu bencana kembali terjadi di Kota Bengkulu. Kepala BPBD Kota Bengkulu, Selupati mengatakan jika kesiapan logistik untuk bencana alam, seperti bahan makanan yang tersedia di gudang milik BPBD kota masih memadai.

“Kapan ada bencana alam, kami siap menyalurkannya sesuai dengan kebutuhan, jika nantinya ada kekurangan, kita pasti langsung berkoordinasi dengan pihak BPBD Provinsi Bengkulu maupun kabupaten,” kata Selupati, Kamis (26/11).

Namun, Selupati menambahkan, untuk penyaluran batuan, pihaknya harus terlebih dahulu menerima laporan dari penjabat setempat baik dari tingkat kecamatan, kelurahan hingga RT. Tujuannya agar bantuan tersebut tepat sasaran dan tidak disalah gunakan.

“Jika nanti ada warga yang terdampak terkena musibah dan memerlukan bantuan sembako ataupun logistik lainnya, baik itu ketua RW maupun RT serta korban harus menyertakan bukti foto atau video jika terkena dampak banjir ataupun tanah lonsor. Namun jika bukti foto dan video tersebut tidak ada, kita pun akan turun langsung mengecek kelapangan,” jelas Selupati.

Selain itu, BPBD siap jika harus mendirikan dapur umur dan pengelolaan air bersih jika memang ada wilayah di Kota Bengkulu nantinya yang terkena musibah banjir parah. Selain menyiapkan bahan logistik, pihaknya juga selalu menyiagakan tim Unit Reaksi Cepat (URC) dan akan terus meningkatkan patroli terutama diwilayah yang rawan banjir di Kota Bengkulu ini.

“Kendaraan seperti dapur umur dan pengelolaan air bersih akan terus kita siapkan jika sewaktu-waktu diperlukan. Selain itu jika ada pihak swasta yang ingin memberikan bantuan bagi warga yang membutuhkan tentunya hal tersebut sangatlah baik untuk menambah jumlah stock yang ada di BPBD kota,” tutupnya. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*