Sigap Antisipasi Bencana

ilustrasi rawan bencana alam
Foto : IST

TAIS, Bengkulu Ekpress – Generasi muda di Kabupaten Seluma, diharuskan selalu sigap dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana. Karena generasi muda sangat dibutuhkan dalam menghadapi segala jenis bencana yang terjadi di Kabupaten Seluma.

“Guna mengurangi dan meminimalisir korban jika terjadi bencana pengetahuan sangatlah penting. Tentunya hal itu juga menjadi bagian peran pemuda,” ujar Sekretaris Daerah Irihadi MSi dalam kegiatan simulasi kesiapsiagaan pengurangan resiko bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupten Seluma, kemarin (11/12).



Sekda juga mengatakan, BPBD juga harus melengkapi semua peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan penindakan terhadap bencana, agar tidak terjadi kesibukan ketika dibutuhkan. Secara bertahap anggran untuk memenuhi kebutuhan itu bakal dialokasikan. Dengan menyesuaikan kebutuhan tenaga.

“Jangan sampai seperti kejadian pencarian korban tenggelam lalu, mau pakai tabung gas tapi cari dulu,” lanjutnya

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas BPBD Muhpian berjanji segera melengkapi semua alat yang dibutuhkan dalam penanganan bencana. Ada beberapa item yang sangat diperlukan, diantaranya Genset, tabung gas, tenda darurat, dan berbagai peralatan penting lainnya. “Sesuai dengan arahan sekda, kita akan coba lengkapi semua alat yang dibutuhkan BPBD,” lanjutnya. (333)