Sidorejo dan Merpas Ditanami Ribuan Pohon

Dinas Kehutanan Pertambangan dan ESDM Kabupaten Kaur saat ini sedang melaksanakan kegiatan reboisasi dan penghijauan di dua kecamatan di Kabupaten Kaur. Yang didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2012 sebesar Rp 400 juta. Dengan rincian untuk reboisasi Rp 200 juta dan penghijauan Rp 200 juta. Reboisasi dengan anggaran tersebut dilakukan di lokasi lahan gundul yang termasuk di  lokasi lahan Hutan Produsksi Terbatas (HPT) di Dusun Sidorejo Desa Merpas Kecamatan  Nasal diatas lahan seluas 120 hektar. Dilokasi Dusun Siderejo akan ditanami ribuan pohon  yakni Mahoni, Kayu Afrika, dan Gaharu.

“Tidak semuanya hutan tersebut akan kembali  ditanami kayu kayuan, namun juga tanaman karet. Yang jelas persentase 60 persen karet  dan 40 persen kayu-kayuan,” ujar Kadis Kehutbang ESDM Kaur Ir H Ahyan Endu melalui  Kabid Rehabilitasi Lahan dan Pembinaan Hutan (RLPH) Dirlan SSos, kemarin. “Untuk pelaksanaan reboisasi tahun ini sedang berjalan, namun berapa kayu yang akan  ditanam kita masih menyusuaikan dengan jumlah anggaran yang ada, karena semuanya  masih dalam evaluasi,” katanya.

Sementara itu untuk pelaksanaan penghijauan juga akan dipusatkan di SP 8 Kecamatan Muara Sahung Kabupaten Kaur. Untuk penghijauan dilakukan diatas lahan seluas 70 hekter. Dengan persentase 60 persen tanaman kayu-kayuan dan 40 persen tanama karet di lokasi HPT. “Annggaran sama dengan anggaran Dusun siderejo namun untuk muara sahung akan ditanami khsusus untuk kayu kayuan paling besar,” jelasnya.(823)