Sidak BKD, Wagub Tanya NIP CPNS

RIO-WAGUB SIDAK BKD (1)

BENGKULU, BE – Sekitar pukul 10.00 WIB kemarin (27/3), Wakil Gubernur Bengkulu Sultan B Najamudin menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu. Kedatangan orang nomor dua di Provinsi Bengkulu ini dalam rangka menanyakan kejelasan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan pengangkatan 122 peserta yang lulus tes CPNS beberapa waktu lalu.
Wagub pun langsung menanyakan perihal tersebut kepada Sekretaris BKD, Salumul Hadi dan Kabid Perencanaan dan Pengembangan Karir BKD. “Saya ke BKD ini terkait isu keterlambatan pembagian NIP, karena daerah lain sudah dibagikan bahkan CPNS-nya sudah mulai bekerja. Saya mau pastikan apa penyebabnya sehingga NIP itu belum dibagikan,” tanya Sultan.
Selain itu, ia juga meminta agar proses pembagian NIP dan pengangkatan CPNS itu dipercepat jika tidak ada persyaratan yang masih kurang. Sebab, para CPNS itu ingin segera bekerja karena sudah cukup lama menunggu sejak dinyatakan lulus pada Desember 2014 lalu.
Wagub pun mendapati jawaban dari BKD yang menyatakan bahwa sudah tidak ada kendala lagi, kecuali hanya 1 peserta yang masih dikonsultasikan kelulusannya ke KemenPAN dan RB.
“Setelah mendengar penjelasan dari BKD tadi, saya pastikan masalah pengangkatan CPNS ini akan dilakukan secepatnya dan sekarang draf SK-nya tengah dinaikkan untuk pengangkatan 121 yang NIP-nya sudah keluar,” terangnya.
Sementara itu, Kabid Perencanaan dan Pengembangan Karir BKD, Drs H Tarmawi MSi mengungkapkan, satu peserta yang belum keluar NIP-nya itu adalah Cesarya Debora Tampubolon yang lulus di Formasi Notulis Rapat. BKN Regional VII Palembang belum berani menerbitkan NIP-nya dikarenakan persyaratan dalam formasi itu harus jurusan Sosial Politik, sedangkan Cesarya sendiri DIII Komunikasi.
“Karena beda jurusannya inilah BKN Regional VII Palembang meminta kita konsultasikan ke KemenPAN. Jika nanti KemenPAN memutuskan bisa diluluskan, maka NIP-nya pun langsung dikeluarkan, tapi sejauh ini belum ada jawaban dari KemenPAN,” terang Tarmawi.
Terkait pembagian dan pengangkatan 121 CPNS yang tidak bermasalah itu, Tarmawi mengaku akan berusaha secepatnya, namun belum bisa memastikan jadwalnya karena SK pengangkatannya belum turun dari meja gubernur.
“Kita belum berani pastikan tanggalnya, yang jelas kita akan usahakan secepatnya,” ungkap Tarmawi.

Sidak Biro Keuangan
Setelah mendapatkan keterangan dari pihak BKD tersebut, Sultan pun memasuki ruangan kerja hampir semua bidang yang ada di BKD. Sultan tampak melihat suasana kerja pegawai. Sebelumnya, Sultan juga sidak ke Biro Administrasi Keuangan Setdaprov dan melihat suasana kerja pegawai ditempat ini.
“Saya ke Biro Keuangan bukan berarti di sana ada masalah, saya kesini hanya ingin melihat kondisi saja karena kepala biro baru setelah diganti baru-baru ini. Saya memberikan masukan agar pelayanan semakin baik,” tukasnya. (400)