Siapkan Sejuta Pohon

TABA PENANJUNG, BE- Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan menyiapkan sebanyak 1 juta pohon untuk ditanam, dalam rangka penghijauan. Penanaman secara simbolis rencananya dilakukan langsung Bupati Ferry Ramli, SH, bertempat di SMAN 1 Taba Penanjung.
Kepala Distanbunhut Durani SPi melalui Kabid Kehutanan H Edi Bakhtiar STP menuturkan,penanaman itu bentuk penghijauan kembali hutan yang kini sudah banyak gundul. Kegiatan ini guna melindungi tanah dari ancaman longsor.

“Tanamannya jenis kayu-kayuan, Mahoni, Singon, Gaharu, Bambang Lanang, dan buah-buahan sepertiĀ  Alpukat. Harapannya agar warga merespon ajakan ini, untuk senantiasa melestarikan hutan, dan intens dalam menanam tanaman pengganti,” ujar Edi.

Penanaman ini sejalan dengan misi dinas kehutanan menjaga. Yakni kelestarian hutan dari ancaman penebangan liar, dan tandusnya kawasan hutan. Untuk menghindari bencana longsor, yang sering kali terjadi di Bengkulu Tengah saat musim hujan. Bahkan bisa dikatakan kabupaten pemekaran termuda ini sudah menjadi langganan longsor.

“Daerah Bengkulu Tengah amat rawan terjadinya longsor, tentu dengan gerakan sejuta pohon ini relevan dengan kondisi di Bengkulu Tengah, yang tiap tahunnya selalu mengalami longsor. Himgga menimbulkan kerugian bear baik dikalangan warga maupun pemerintah,” tandas Edi, yang juga mantan sekretaris BPBD. (122)