Siapkan Rp 10 M, Balai PPW Bangun Taman Pantai Pasir Putih

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Untuk Penataan Kawasan Wisata Pantai Panjang, Kota Bengkulu, tahun ini. Balai Balai Prasarana Permukiman Wilayah (PPW) Provinsi Bengkulu, menyiapkan anggaran Rp 10 miliar. Anggaran ini untuk membangun taman sepanjang 250
meter di Pantai Pasir Putih pada kawasan wisata Pantai Panjang.

Kepala Balai PPW Provinsi Bengkulu Ir. Daniel Kuddi, saat konfrensi Pers dengan wartawan di Media Center Provinsi Bengkulu usai melakukan rapat dengan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, Rabu (12/6) menuturkan,

“Dalam rapat tadi, kita meminta dengan
gubernur, menyiapkan master plan untuk pengelolan pantai panjang dari pasir putih hingga sungai hitam.”

Di sana nantinya, kata Daniel, ada spot-spot tersendiri. Ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di sana nantinya. Di dinas PUPR Provinsi Bengkulu, sudah disusun master plannya, tetapi, mungkin akan di revisi oleh gubernur untuk disesuaikan dengan kebutuhan kedepannya.

Ditahap pertama Balai PPW menata kawasan sekitar 250 meter. Mulai dari Pasir Putih hingga eks Rumah Makan Ayam Lepas. Dengan menggunakan kemungkinan anggarannya sekitar Rp 10 miliar.

“Saat ini sudah melewati proses lelang dan sudah ada penetapan pemenang, tinggal menunggu revisi DIPA. Mudah- mudahan bulan depan sudah ada revisi DIPA, maka PPW melakukan titik nol pembangunannya,” katanya.

Dalam penentuan titik nol pembangunan nanti, lanjut Daniel, Balai PPW provinsi Bengkulu, mengundang atau menggandeng Pemkot Bengkulu. Karena, kota yang punya masyarakat di sekitar sana. Pemkot juga yang nantinya akan banyak memanfaatkan apa yang dibangun
sekarang.

“Kewenangan memang ada di Pemprov Bengkulu. Nanti kami serahkan ke provinsi, mungkin dari provinsi diserahkan atau dikerjasamakan dengan pemkot, tetapi, aset yang kita bangun itu akan menjadi aset Pemerintah Provinsi Bengkulu nantinya,” jelasnya.

Khusus ditahun 2020 pembangunan penataan kawasan wisata Pantai Panjang dilanjutkan dengan dana sekitar Rp 15 Miliar.

Tahun ini Balai PPW sudah menyusun DED-nya. Jadi apa yang akan dibangun nantinya berkoordinasi terlebih dahulu dengan dinas teknis terkait Provinsi Bengkulu termasuk dengan gubernur, apa yang akan dibangun dari spot berikutnya.

“Mudah- mudahan dalam waktu 4 tahun kedepan tuntas penataan kawasan wisata Pantai Panjang kita bangun sampai Sungai Hitam,” ujarnya.
(HBN)

Berikut Uraian Pekerjaan Pembangunan Pantai Pasir Putih dengan Dana Rp 10 Miliar Tahun Ini,:

– Pekerjaan Pendahuluan

– Pekerjaan Persiapan

– Pekerjaan Plat Deck

– Pekerjaan Kios (2 Unit)

– Pekerjaan Gazebo (6 Unit)

– Pekerjaan Tempat Duduk (4 Unit)

– Pekerjaan Menara Pandang (2 Unit)

– Pekeriaan Pos Jaga

– Pekerjaan Pergola

– Pekerjaan Totem Sign

– Pekerjaan Hardscape

– Pekerjaan Lampu Taman

– Pekerjaan Planter Box

– Pekerjaan Bangku Taman

– Pekerjaan Softcape

– Pekeriaan Bak Sampah

– Pekeriaan Instalasi Listrik (Pos Jaga)