Siapkan Bantuan Peternakan

Foto : IST

UNTUK mensukseskan program bibit gratis di Kabupaten Rejang Lebong. Pada tahun 2019 mendatang Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong akan menyiapkan bantuan dalam bidang peternakan. “Untuk tahun 2019, kita telah menyiapkan lagi bantuan dalam bidang peternakan,” sampai Plt Kepala Bidang Peternakan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, drh Firi Asdianto.

Dijelaskan Firi, pada tahun 2019 mendatang aja tiga jenis ternak yang akan mereka siapkan untuk diberikan kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Rejang Lebong yaitu jenis itik, ayam kampung dan ayam petelur. “Tahun depan bantuan yang kita berikan bertambah jenisnya yaitu ayam petelur, karena tahun ini bantuan yang kita berikan hanya itik dan ayam kampung,” sampai Firi.

Dari tiga jenis ternak yang akan mereka berikan tersebut, totalnya sebanyak 3.500 ekor dengan rincian 1.500 ekor ayam kampung, 1.000 itik dan 1.000 ayam petelur. Bantuan yang diberikan nanti, menurut Firi bukan hanya dalam bentuk bibit saja, namun juga sepaket dengan kebutuhan lainnya seperti bahan untuk pembuatan kandang hingga pakan sebanyak 1 ton.

“Dalam pemberian bantuan tersebut, selain memberikan bibit, kita juga berikan bahan keperluan lainnya seperti bahan pembuatan kandang dan pakan pertama sebanyak 1 ton,” paparnya.

Sementara itu, untuk penerima bantuan sendiri, menurut Firi nantinya akan mereka sebar di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Hanya saja menurut Firi jenis bantuan yang diterima tidak akan sama, karena dalam penyerahan bantuan tersebut, akan mereka sesuaikan dengan potensi yang dimiliki masing-masing daerah, karena menurut Firi bisa saja satu daerah cocok untuk pengembangan itik namun tidak cocok untuk ayam petelur maupun ayam kampung begitu juga sebaliknya.

Firi berharap, dengan adanya bantuan yang diberikan nanti, para kelompok tani yang mendapat bantuan bisa memanfaatkan bantuan yang diberikan tersebut, sehingga nantinya bisa berkembang dan tentunya akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat Rejang Lebong.

“Kita berharap bantuan yang kita berikan ini nanti bisa memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat kita,” harap Firi.

Dijelaskan Firi, pembagian bibit gratis ini merupakan bagian dari program utama Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong. Khusus untuk bidang peternakan pada tahun 2018 ini bantuan yang diberikan yaitu baru berupa itik dan ayam kampung dengan jumlah masing-masing 1.500 ekor.(251)