Siapkan 35 Ekor Hewan Kurban

Masyarakat diingatkan agar memeriksa hewan yang akan di kurbankan
Foto : IST

BINTUHAN,Bengkulu Ekspress– Perayaan hari raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 22 Agustus 2018 ini memang menjadi momen yang dinantikan bagi umat Islam untuk melaksanakan ibadah kurban. Terutama bagi mereka yang mampu. Begitu pula Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur yang telah menyiapkan 30 ekor sapi/kerbau untuk kurban yang akan dipontong pada hari raya idul adha 1439 H.

“Ya sesuai hasil rapat kita kemarin korban tahun ini ada 30 ekor sapi/kerbau. Hewan kurban ini merupakan kumpulan dari para pegawai Pemda Kaur yang akan melaksanakan ibadah kurban pada tahun ini,” kata Kabag Kesra Robi Antomi SPI, kemarin (9/8).

Dikatakan Robi, 30 ekor hewan kurban nantinya akan distribusikan ke 15 kecamatan serta ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terdapat di Kabupaten Kaur. Untuk hewan kurban tahun ini ada sapi dan kerbau, akan secara rinci berapa ekor jumlah sapi dan kerbau belum bisa diuraikan secara rinci karena masih dalam tahap persiapan. Selain, para ASN dan tenaga honorer di pemerintahan daerah Kaur ada juga masyarakat sebagai penerima melalui cara pemberian kupon kepada peserta nantinya.

“Untuk lokasinya pemotongan hewan setelah solat ied bisa saja dilapangan masing-masing Kecamatan, dan untuk Bupati nanti akan melakukan pemotongan hewan kurban di lapangan merdeka, dan 30 ekor hewan korban ini kita sebar di 15 Kecamatan dan OPD penangung jawab kurban ini sudah kita atur,” terangnya.

Sementara itu, jajaran Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kaur juga memastikan akan melakukan qurban dengan memotong sebanyak 5 ekor sapi dalam merayakan hari raya qurban yang dirayakan umat muslim pada 10 dzulhijah nanti. “Insallah idul adha tahun ini kita akan menyembelih 5 ekor sapi sebagai kurban,” kata Kepala Kemenag Kaur Kepala Kemenag Kaur Drs. H.Zainal Abidin MHI, kemarin (9/8).

Dikatakan Zainal lima ekor sapi tersebut merupakan hasil iuran dari dari karyawan-karyawati di jajaran Kemenag Kaur, baik itu karyawan yang berada di Kantor Kemenag itu sendiri maupun karyawan yang berada di KUA atau Madrasah. Lebih lanjut Zainal menyampaikan, bahwasanya pelaksanaan pemotongan hewan qurban nantinya direncanakan usai pelaksanaan Solat Idul Adha dihalaman Kantor Kemenag Kaur. “Untuk pemotongan hewan kurban ini satu hari sesudah lebaran, nanti baru kita potong di sekitar komplek kantor kemenag inilah,” tandasnya.(618)