Siapkan 100 Ha Lahan Sawah

=fotoKuasa Barus SPt

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Tanaman Pangan Holitikura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Kuasa Barus SPt menyatakan bahwa program perluasan areal persawahan di Bengkulu Utara belum ada tahun ini.  Padahal pihak DTPHP Kabupaten Bengkulu Utara dan dari pusat bersama unit kerja DTPHP Bengkulu Utara sudah menyiapkan lahan sawah seluas 100 hektare. Hal ini diungkapkan Kuasa Barus SPt ketika ditemui diruang kerjanya, kemarin, (14/3).

“Ini sudah kita lakukan bersama orang pusat dan unit kerja, ada seluas 100 hektare untuk lahan perluasan lahan sawah yang berada di Kecamatan Lais dan Kecamatan Air Napal,” kata Barus.

Barus mengaku, memang dana dari pusat untuk program tersebut tidak tersedia, sementara untuk lokasi lahan sudah disiapkan oleh pihaknya. “Jadi saya tekankan untuk program perluasaan lahan sawah di Kabupaten Bengkulu Utara belum ada,” terangnya. Lebih lanjut, Barus menuturkan, dengan belum adanya program tersebut tahun ini, pihaknya akan mengoptimalkan lahan sawah yang ada.

“Meskipun tidak ada kita mengoptimalkan lahan-lahan sawah yang ada,” jelasnya.



Barus juga menyampaikan bahwa sesuai jadwal tanam yang ada pihaknya menargetkan kepada kelompok-kelompok tani yang ada. Dan tahun ini pihak DTPHP mendapatkan asuransi yang diperuntukan bagi para petani padi seluas 1000 hektare. “Tentunya untuk asuransi ini kita harapkan kepada petani yang posisinya gampang terkena banjir dan terkena serangan hama, diharapkan kelompok-kelompok tani memanfaatkan asuransi ini sehingga tatkala ada banjir ataupun terkena serangan hama yang membuat gagal panen bisa ditanggulangi oleh pihak asuransi,” tandasnya.(127)