Siap Terima Kunjungan Wisata

Gub: Masyarakat Harus Banyak Senyum

Gubernur
PARIWISATA: Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti MH bersama kepala OPD, secara resmi membuka Gerakan Bengkulu Tersenyum, di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu. (Foto EKO/BE).

BENGKULU, BE– Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti MH membuka secara resmi Gerakan Bengkulu Tersenyum, di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu. Gerakan tersebut sebagai pertanda Provinsi Bengkulu mulai bersiap menerima kunjungan wisata bertajuk Visit 2020 Wonderful Bengkulu.

“Kita memulai dengan Bengkulu tersenyum, sebagai semangat menyambut Bengkulu sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia. Pantai Panjang ini adalah ikon kebanggaan, tidak bisa kita biarkan seperti saat ini saja, kita harus persiapkan dan kita tata,” ujar RM dalam sambutan pembukaan Gerakan Bengkulu Tersenyum, di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu, kemarin (21/5).

Lanjutnya, gerakan Bengkulu Tersenyum juga sebagai salah satu strategi untuk mewujudkan Bengkulu sebagai tujuan wisata. Baik tujuan wisata nasional, maupun internasional. Meski demikian, dibutuhkan sebuah prilaku masyarakat sadar wisata. Dari kesadaran itu, nantinya akan menggerakkan seluruh stakeholder untuk berduyun-duyun terlibat dalam memajukan Bengkulu melalui wisata.

“Syarat wisata menjadi favorit itu tidak hanya indah panoramanya, tapi juga bersih, aman dan kita juga persiapkan. Termasuk sadar lingkungan juga harus ikut dibangun,” tuturnya.

Gubernur optimistis, Provinsi Bengkulu bisa menjadi pilihan destinasi wisata unggulan di Indonesia. Pasalnya, provinsi dengan 525 kilometer panjang garis pantai dan “dikepung” kawasan hutan, mempunyai potensi dan objek wisata yang lengkap dan unik. Bukan hanya pantai dan taman bawah lautnya yang memukau, situs-situs sejarah, tradisi dan budaya melengkapi kekayaan wisata alam di Provinsi Bengkulu.

“Banyak spot wisata unik di Bengkulu. Masyarakat diharapkan percaya diri untuk turut mempromosikan Bengkulu yang indah, dengan masyarakatnya yang ramah,” tambah RM.

Dalam kegiatan gerakan Bengkulu tersenyum, gubernur beserta jajaran juga melakukan pelepasan tukik atau anak penyu di Pantai Panjang Bengkulu. Dikatakan gubernur, pelepasan tukik itu juga sebagai bentuk mewujudkan masyarakat sadar lingkungan.

“Dengan kesadarna itu, nantinya akan mampu menjaga ekosistemnya,” ujarnya.

RM juga meminta masyatakat untuk terlibat langsung menjagal ekosistem tukik di Pantai Bengkulu. Salah satunya, memancing wisatawan untuk ikut membeli tukik dan kembali melepaskan tukik tersebut ke pantai Bengkulu. Dengan demikian, ekosistem penyu di Bengkulu akan terus terjaga.

“Nanti silahkan dibuat komunitas cinta penyu. Komunitas ini nanti kita minta untuk mewujudkan penyu sebagai produk wisata. Membeli kemudian melepaskan kembali penyu oleh wisatawan, hal ini juga bisa menjadi wisata andalan untuk visit 2020 nanti,” beber RM.

Sementara itu, gerakan Bengkulu Tersenyum yang dihadiri ribuan masyarakat ini ditandai dengan launching logo Visit 2020 Wonderful Bengkulu, Bengkulu Triathlon, Pameran Kampung Besurek serta aksi bersih-bersih pantai.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bengku, Yudi Satria mengatakan Visit 2020 Wonderful Bengkulu yang masuk dalam program prioritas ini, bertujuan menjadikan potensi wisata sebagai sumber pertumbuhan ekonomi yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Gerakan ini adalah program pembangunan non infrastruktur yang menyiapkan masyarakat dan aparatur sipil negara menyambut wisatawan dan memelihara objek wisata serta tradisi, budaya dan kearifan lokal.

“Ini merupakan gerakan untuk semua masyarakat, selain persiapan fisik infrastruktur, tentunya sikap masyarakat juga menjadi fokus dalam menyambut tahun kunjungan wisata pada 2020 nanti. Kita rangkum dengan Gerakan Bengkulu Tersenyum,” pungkas Yudi. (151)