Sharapova Lolos dari Sergapan Jankovic

maria_sharapovaPARIS – Dua unggulan utama tunggal putri Prancis Terbuka 2013 harus bersusah payah meraih tiket ke semifinal. Unggulan kedua Maria Sharapova (Rusia) dan unggulan ketiga Victoria Azarenka (Belarusia) sempat keteteran di awal pertandingan sebelum akhirnya bangkit untuk merebut kemenangan. Berikutnya, kedua petenis yang pernah menduduki peringkat teratas WTA (asosiasi tenis putri) itu akan saling berhadapan di semifinal.

Sharapova yang menyandang status juara bertahan lolos dari penampilan buruk di awal laga melawan Jelena jankovic (Serbia). Jankovic membuatĀ  Sharapova ketinggalan 0-6 di set pertama. Namun, Sharapova bangkit untuk memaksakan keunggulan 6-4, 6-3 di dua set berikutnya.

Sementara, Azarenka mencapai semifinal pertamanya di Roland Garros “arena Prancis Terbuka- setelah mengalahkan petenis Rusia lainnya Maria Kirilenko. Azarenka butuh waktu 1 jam 51 menit untuk mengalahkan Kirilenko dengan 7-6 (3), 6-2.

Sharapova dan Azarenka sudah saling bertemu dalam 12 laga. Rekor pertemuan berpihak pada Azarenka yang sudah menang tujuh kali. Tapi, di sepanjang musim ini, keduanya belum bertemu sekali pun.

Dalam laga Rabu (5/6), hampir selama 30 menit set pertama, Sharapova melakukan banyak kesalahan. Sebanyak 20 kali unforced error dilakukannya, yang memudahkan Jankovic melaju cepat.

“Dia (Jankovic) bermain hebat dari awal dan sangat agresif. Kemudian, saya tahu saya harus mengubah semuanya. Saya menghapus semuanya dan menatap ke depan. Semuanya berjalan lancar begitu saya mematahkan servisnya di game pertama set kedua,” tutur Sharapova.

Begitu memasuki set kedua, Sharapova memegang kendali permainan. Sebaliknya, Jankovic tampil serba salah. Terbukti dengan double fault yang dilakukannya di game pertama. Selanjutnya, dia mendapatkan keunggulan 5-1 di set ketiga.

“Saya kira mental memegang peran besar di laga seperti ini. Jika saya hancur setelah penampilan buruk di set pertama, maka dia akan menyelesaikan set berikutnya lebih mudah,” kata Sharapova.

Di laga lain, Azarenka baru bisa memenangkan set pertama dalam 76 menit. Tapi, begitu dia dia menemukan ritme permainannya ditambah dengan kondisi fisik Kirilenko yang merosot, Azarenka hanya butuh 35 menit untuk menyelesaikan set kedua.

“Maria lawan yang hebat dan saya mendapatkan start yang berat. Dia membuat saya menampilkan permainan terbaik. Saya senang dengan cara saya melewati babak ini,” tutur Azarenka.

Semifinal tunggal putri bakal dilangsungkan hari ini. Satu laga lainnya mempertemukan unggulan teratas Serena Williams (Amerika Serikat) dengan runner up tahun lalu, Sara Errani (Italia). (ady/ang)