Sewa Tenda Pasar Kaget Rp 250 Ribu

foto A. Pemasangan tenda Pasar Kaget dengan lokasi di Taman Santoso kemarinKEPAHIANG, BE – Tarif untuk sewa tenda para pedagang di Pasar Kaget yang lokasinya sudah ditentukan di Taman Santoso Kepahiang sebesar Rp 250 ribu. Hal ini bersadarkan hasil rapat koordinasi SKPD yang termasuk dalam kepanitiaan pasar kaget selama bulan Ramadhan ini.
“Berdasarkan hasil rapat koordinasi kita, sewa tenda bagi pedagang pasar kaget sebesar Rp 250 ribu untuk selama bulan Ramadhan. Sejauh ini kita telah menyiapkan sebanyak 51 tenda. Jumlah itu kemungkinan masih bisa bertambah, tergantung dengan banyak atau tidaknya para pedagang yang mendaftar. Hingga sekarang kita masih membuka pendaftaran bagi pedagang yang berniat jualan di pasar kaget ini,” ungkap Panitia, A Syartoni SSos yang juga merupakan Lurah Pasar Kepahiang kemarin.
Menurutnya, jika dibandingkan tahun lalu memang jumlah tenda semakin bertambah, yang mana tahun sebelumnya hanya 41 tenda tetapi sekarang mencapai 51 tenda. Ini belum lagi nantinya pedagang yang membawa gerobak sendiri.
“Kita memprediksikan pasar kaget pada bulan Ramadhan tahun ini cukup ramai jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja untuk sewa tenda itu bukanlah menjadi sumber PAD, melainkan untuk biaya operasional saja,” kata Syartoni.
Sementara itu, Kadis Perindagkop dan UKM Kepahiang M Zairin SE MM selaku koordinator pasar kaget mengatakan, yang dijadikan sumber PAD dengan keberadaan pasar kaget yakni PBN1 saja atau retribusi seperti kebersihan, makanan dan beberapa retribusi lainnya.
“Kalau sewa tenda dan parkir itu untuk biaya operasional panitia ataupun penyelenggara selama bulan Ramadhan. Sejauh ini kita belum bisa menargetkan berapa besar PAD dari keberadaan pasar kaget ini,” terang Zairin.
Sementara itu, Bupati Kepahiang Drs H Bando Amin C Kader MM berharap dengan keberadaan pasar kaget di taman Santoso ini tetap dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman bagi masyarakat Kepahiang.
“Kita sudah sampaikan kepada SKPD yang dilibatkan dalam kepanitiaan pasar kaget ini harus bekerja secara optimal. Seperti halnya soal kebersihan dan keamanan di lingkungan Taman Santoso ini, jangan gara-gara pasar kaget lingkungan disini malah terkesan berantakan,” tandasnya. (505)