Setiap RT Diberi Ratusan juta

Janji ESD-AZA Jika Terpilih

Erna Sari Dewi
Erna Sari Dewi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pasangan Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu, Erna Sari Dewi dan Ahmad Zarkasi (ESD-AZA) terus memperkuat konsolidasi koalisi partai dan mematangkan strategi pemenangan. Dengan dukungan Partai Nasdem, PPP dan PKS, Erna-AZA optimis meraih suara terbanyak dan memenangi pertarungan Pilwakot melawan incumbent. Salah satu janji politik yang menjadi program kerja pasangan ini adalah bantuan Rp 100- 300 juta per RT per tahun.

“Kami menawarkan program-program yang sungguh luar biasa. Kalau selama ini hanya berbasis sektoral, maka program kami berbasis wilayah. Supaya bisa dirasakan seluruh masyarakat dan bukan hanya dirasakan tim suksesnya saja,” kata Erna Sari Dewi.

Dalam perjalanannya memimpin Kota Bengkulu 5 tahun ke depan akan diikuti 4 misi dan 10 program unggulan kerja.

“Salah satunya program Rp 100-300 juta per RT. Saya katakan program pemerintah selama ini sudah baik, tapi saya akan buat lebih baik dengan sentuhan-sentuhan tangan kami,” ungkapnya.

Dengan program ini, ESD-AZA akan membangun RT mandiri. Ketika setiap RT dianggarkan minimal Rp 100 juta, maka di wilayah itu akan terbagi beberapa persentase seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan sisanya untuk sosial.

“Nanti dengan anggaran itu, pengurusan RT sendiri yang akan berembuk untuk menentukan apa-apa saja yang dibutuhkan warga dilingkungan RT tersebut,” jelas Erna.

Dari dana tersebut, nantinya juga termasuk pembiayaan gaji untuk guru-guru ngaji, karena disisi lain pihaknya juga akan membentuk 1000 anak saleh. Selain itu, dari dana RT mandiri itu nanti diharapkan tidak ada lagi jalan-jalan lingkungan ataupun drainase yang rusak, begitu juga dengan bantuan pendidikan yang sudah diakomodir oleh dana tersebut.

Erna juga menyebutkan, program lainnya yakni dokter on call, yang lebih mempermudah masyarakat sakit untuk berhubungan langsung dengan dokter sehingga bisa cepat ditanggani dengan cara dokter datang ke rumah warga. Tak hanya itu, ia juga menjanjikan bahwa di masa kepemimpinannya nanti akan mengcover 10 penyakit yang tidak dilayani kartu BPJS.

“Tentu BPJS memiliki keterbatasan karena ada 10 penyakit yang tidak tercover. Maka kami memikirkan hal itu, dimana nantinya 10 penyakit yang tidak bisa ditanggung BPJS itu akan kami cover dengan dana APBD,” pungkasnya.

Dari sisi perekonomian, ia akan membangun badan usaha miliki RT yang akan memberikan stimulan kepada pertumbuhan perekonomian masyarakat Kota Bengkulu. Secara otomatis badan usaha miliki RT ini akan memberikan pinjaman kepada wirausaha baru yang memunculkan wirausaha baru lainnya di Kota Bengkulu. (805)