Setiap Keluarga di Kota Bengkulu Dapat Dana Takziah Rp 500 Ribu dari Baznas

FOTO IMAN/ BE – Kabag Umum Pemerintah Kota Bengkulu yang juga menjabat Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Kota Bengkulu, A Gunawan.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kota Bengkulu bermasa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bengkulu sudah mencetuskan program dana takzia untuk seluruh warga Kota Bengkulu. Dana takziah sebesar Rp 500 ribu tersebut diturunkan di setiap kecamatan sebesar Rp 5 juta, kemudian diberikan ke ahli musibah bagi per satu orang yang meninggal dunia.

Kabag Umum Pemerintah Kota Bengkulu yang juga menjabat Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Kota Bengkulu, A Gunawan menjelaskan, jika nantinya dana Rp 5 juta yang diletakkan di setiap kecamatan habis, maka pihak kecamatan harus melapor agar dana tersebut ditambah.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bengkulu nantinya jika ada yang tertimpa musibah atau meninggal dunia untuk lapor ke kecamatan agar dapat di berikan uang untuk pelaksanaan tazkiah. Kita harapkan program ini dapat bermanfaat sehingga tidak ada lagi masyarakat Kota Bengkulu yang tidak melakukan takziah saat mengalami musibah karena tak ada biaya,” jelas A Gunawan, Kamis (17/09).

Sementara itu, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi mengatakan pengelolaan zakat perlu terus ditingkatkan kualitasnya, sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik dan disalurkan kepada orang yang tepat atau berhak menerimanya.

“Saya minta zakat dikelola dengan baik. Dengan pendataan yang baik, semoga zakat yang disalurkan tepat pada sasaran. Dengan adanya data tersebut, potensi penerimaan zakat setiap tahunnya dapat ditingkatkan dan penyalurannya bisa semakin luas serta dapat bermanfaat untuk masyarakat yang benar- benar membutuhkan,” kata Dedy. (Imn)