Setiap Bulan Rafflesia Mekar

bongkol raflesia siap mekar
IST/Bengkulu Ekspress
SIAP: Inilah salah satu bongkol raflesia di Desa Kayu Ajaran, Ulu Manna siap mekar satu bulan lagi.

Rafflesia Mekar di Provinsi Bengkulu

MANNA BENGKULU SELATAN , Bengkulu Ekspress – Bagi warga yang ingin melihat bunga rafflesia mekar di Bengkulu Selatan (BS), silakan bersiap-siap. Pasalnya diperkirakan dalam waktu dekat ini, bunga rafflesia akan kembali mekar di Bengkulu Selatan tepatnya di Dusun Pulau Lebar, Desa Kayu Ajaran, Ulu Manna, Bengkulu Selatan.

“Insya allah setiap bulan di daerah tersebut akan mekar bunga Rafflesia,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan, Drs H Yulian Fauzi MAP.

Yulian mengatakan, lokasi bunga rafflesia ini tidak jauh dari jalan raya. Bahkan lokasinya hanya berjarak 50 meter dari jalan raya. Di daerah tersebut, areal bunga rafflesia ada seluas 1 hektar di tanah semak belukar dekat sawah warga. Bahkan jumlah bongkol bunga raflesia banyak ditemukan di daerah tersebut.

“Selama tahun 2018 ini, sepertinya setiap bulannya ada yang mekar, sebab bongkol raflesia di daerah tersebut banyak,” ujarnya.

Yulian menambahkan, mengingat lokasi penemuan bunga rafflesia tersebut dekat dengan jalan raya, dirinya mengimbau warga yang mau berkunjung agar menjaga kelestarian bunga rafflesia tersebut. Dirinya berharap, tidak ada tangan jahil yang bisa merusak atau pun memusnahkan bunga tersebut. Dirinya berharap, agar seluruh warga maupun pengunjung dapat menjaganya, sehingga bunga raflesia selalu lestari dan dapat dilihat setiap saat. “Mari kita sama-sama menjaganya, agar Raflesia tetap tumbuh di Bengkulu Selatan” harapnya.

Dijelaskan Yulian, dengan banyaknya bongkol bunga rafflesia di daerah tersebut, pihaknya bekerja sama dengan pemerintah desa setempat dan juga BKSDA untuk menjaga. Terlebih lagi laha ditemukannya bunga raflesia seluas 1 hektar, sehingga jika tidak diawasi, bisa rusak.

Sebab pihaknya akan menjadikan bunga raflesia di daerah tersebut sebagai salah satu wisata unggulan di Bengkulu Selatan. Terlebih lagi di daerah tersebut yakni sungai Air Manna juga merupakan lokasi wisata arung jeram. Sehingga warga yang hobi berwisata arung jeram, dapat menyempatkan diri melihat bunga raflesia. “Mengingat lokasinya dekat dengan jalan raya, saya optimis, keberadaan bunga raflesia tersebut dapat menaikan kunjungan wisata ke Bengkulu Selatan,” demikian Yulian. (369)