Server Down, Dukcapil Sudah 4 Hari Tak Layani Masyarakat

FOTO IMAN/BE – Sidak anggota DPRD Komisi I di kantor Dinas Dukcapil Kota Bengkulu

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Server Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu lumpuh total sejak Kamis (13/02) hingga saat ini. Akibatnya, banyak masyarakat yang datang tak bisa mengurus berkas kependudukan dan akhirnya pulang. Lumpuhnya jaringan yang menjadi alat vital di Dukcapil diakibatkan karena server diserang virus komputer.

Persoalan tersebut langsung membuat anggota Komisi I DPRD Kota Bengkulu melakukan sidak dengan mengunjungi kantor Dukcapil. Anggota DPRD langsung memasuki ruang server yang nampak sempit dan sedang ada 2 pegawai Dukcapil yang sedang memperbaiki server sembari memulihkan data yang hilang termakan virus.

“Kita instruksikan untuk berkoordinasi dengan kementerian siapa tahu di kementerian pernah mengalami hal seperti ini dan mereka punya penangkalnya. Kita juga sudah sampaikan dengan Kadisnya untuk menyiapkan juga beberapa anti virus untuk antisipasi, ini kan anti virusnya sedikit,” ucap Anggota Komisi I, Teuku Zulkarnain, Selasa (18/02).

Selain itu, Teuku Zulkarnain mengatakan jika infrastruktur di pelayanan masyarakat seperti Dukcapil belum memadai seperti ruang server yang seharusnya berstandar memiliki ruang pendingin, Mushola, dan fasilitas lainnya.

Sementara anggota Komisi I Ariyono Gumay menjelaskan, masalah lain yang ditemukan adalah mesin cetak KTP yang rusak dan hanya berfungsi 1 dari 4 unit mesin. Hal itu membuat kinerja mesin harus dibatasi karena tak bisa bekerja lebih dari 100 unit per hari.

“Memang kapasitas kita pencetakan ktp itu maksimal dalam satu hari itu hanya 100. Kami DPR nanti mungkin akan coba dibawa di rapat banggar kita akan memfasilitasi untuk mesin pencetak, pengadaan printer paling tidak ada penambahan tiga atau empat unit. Jadi sehari masyarakat yang dilayani bisa sampai 400 sampai 500 sehari,” ujarnya. (Imn)