Sertifikasi Cakep Rp 200 Juta

TAIS,Bengkulu Ekspress – Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma, sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 200 juta. Dana ini untuk sertifikasi calon kepala sekolah (cakep). Bagi guru SD dan SMP yang ada di Kabupaten Seluma. Pelaksanaan kegiatanya nanti bekerja sama dengan LPMP sekaligus pendidikan dan pelatihan.

“Guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah harus yang sudah sertifikasi. Mengantongi seetifikasi yang diberikan oleh LPMP. Kami sedang mematangkan pelaksanaan sertifikasi ini. Karena, anggarannya sudah ada sebesar Rp 200 juta,” tegas Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma Mirin Ajib SH MH.

Dijelaskan, guru PNS yang sudah memasuki golongan III D didaftarkan sehingga mereka akan mengikuti sertifikasi. Kemudian, setelah mendapatkan sertifikasi cakep. Sewaktu-waktu mereka bisa diangkat menjadi kepala sekolah. Karena, sudah mengantongi sertifikasi dari LPMP Bengkulu. Mengingat saat ini Seluma, merupakan kabupaten yang belum melakukan sertifikasi Cakep kepada guru dan kepala sekolah.

“Kita tengah melakukan penyeleksian untuk guru yang akan dikirim mengikuti pendidikan dan pelatihan di LPMP. Agar mendapatkan sertifikasi kepala sekolah. Selain syarat harus sudah sertifikasi dan golongan III D,” ujarnya.

Sertifikasi cakep dilaksanakan, karena dalam waktu dekat ini sebanyak 5 kepala sekolah pensiun. Sehingga jabatan kepala sekolah kosong. Itulah sebabnya pelaksanaan sertifikasi cakep harus segera dilaksanakan.

Dijelaskan lagi, syarat untuk menjadi kepala sekolah sudah harus pendidikan strata I ( S1). Sehingga kemampuan manajerial di sekolahnya semakin lebih baik.

“Untuk guru yang diberikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah. Agar mutu di sekolah tetap bagus. Karena tugas kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut,”pungkas Mirin Ajib.(333)