Sering Semerawut, Pedagang Durian Akan Direlokasi ke Satu Tempat

FOTO IMAN/ BE – Kepala Bapelitbang Kota Bengkulu, Firman Romzie

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kota Bengkulu bakal menata pedagang durian yang kerap berjualan di pinggir jalan didalam Kota Bengkulu. Para pedagang ini nantinya akan direlokasi atau ditempatkan di satu tempat agar tak amburadul dan kerap membuat jalanan macet. Beberapa lokasi yang akan dikaji untuk dipusatkan sebagai kuliner durian antara lain, pasar Pagar Dewa, samping Bencoolen Mall, kawasan pantai panjang dan Betungan.

“Ya kami sesuai perintah walikota untuk membahas bersama pihak terkait yakni Disperindag membahas mencari lokasi pemasaran terpusat durian. Ada beberapa lokasi yang kita ajukan dan akan segera kita survey dulu lokasi mana yang cocok. Hal itu dilakukan agar kuliner durian dan segala macam olahannya terpusat. Nanti jika ada orang lokal maupun wisatawan ingin mencari durian ya kita punya pusat pemasaran durian,” jelas Kepala Bapelitbang, Firman Romzie, Selasa (22/06).

Firman menjelaskan, hal tersebut dilakukan agar pedagang durian bisa tertib dan lapak-lapak durian yang kerap dibentang di pinggir jalan bisa di fasilitasi oleh pemerintah dengan layak. Sepeti halnya kota-kota besar lain yang penjualan durian beserta olahan lainnya dipusatkan di satu titik dan sudah menjadi tempat ikonik pemasaran durian terbesar di kota tersebut.

“Harapan kita ketika orang datang ke Bengkulu ini sudah tahu, di lokasi itu ada pasat terbesar khusus durian. Jadi orang lebih mudah mencari, pedagang bisa tertib dan kota tidak amburadul lagi,” lanjut Firman.

Nantinya setelah pihak pemkot sudah menetapkan titik lokasi yang dimaksud, pihaknya juga akan mengajukan proposal ke pusat dan mengharapkan adanya bantuan CSR untuk membangun auning-auning tempat pedagang berjualan. Ditargetkan tahun depan rencana ini sudah bisa berjalan untuk memfasilitasi tempat bagi pedagang durian. (Imn)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*