Serap Aspirasi, Walikota Turba

Gebrakan 100 Hari Helmi-Linda
DSC_0421BENGKULU, BE – Pemimpin yang peduli dengan masyarakatnya adalah pemimpin yang mempunyai waktu luang untuk berada di tengah-tengah masyarakat dan mendengarkan aspirasi warganya. Sosok itu mungkin patut ditujukan kepada Walikota Bengkulu, H Helmi Hasan.

Seolah kekurangan hari, walikota terus turun ke bawah (Turba) menjumpai warganya. Ini demi mengetahui apa yang menjadi keluhan dan harapan masyarakat Kota Bengkulu. Hal itu telah dilakukan Helmi Hasan sejak subuh berjamaah bersama warga kota di beberapa masjid, membina aparatur pemerintahannya pada jam dinas, bahkan tak jarang walikota maghrib di Musala Kantor masih menggunakan pakaian dinas dan pulang ba’da Isya.

Perubahan pun terus digalakkan, sore kemarin (7/2) Walikota bertatap muka langsung dan berdialog bersama warga RT 11 dan RT 14 RW 03 Jalan Korpri 9 Kelurahan Bentiring. Pada kesempatan dialog itu, warga sangat mendukung perubahan yang digadang-gadangkan Walikota untuk membawa kota Bengkulu ke arah yang semakin baik. “Kami sangat senang bapak Walikota bisa turun langsung melihat kondisi warga di sini, melihat kondisi drainase, selokan dan jalan dilokasi ini,” ujar Amir, Ketua RT 14 Perumahan Korpri Kelurahan Bentiring.

Pada kesempatan itu, para warga juga menyampaikan bahwa kondisi jalan dibeberapa titik belum diaspal, sehingga meminta kepada Walikota pemerintah kota hendaknya mengaspal jalan dan memperbaii drainase. Selain itu, aspirasi warga lainnya, Marini meminta agar TPQ Nurul Iman dapat difasilitasi kursi dan meja Iqra.

Sedangkan warga RT 13, Neti Herawati meminta agar di Perumahan Guru dapat ditambah fasilitas lampu agar kondisi malam hari yang biasanya gelap dapat terang. tidak hanya warga, Remaja Islam Masjid Kiki pada kesempatan tatap muka langsung bersama walikota itu mengharapkan agar pemerintah dapat membangun sarana olahraga.

“Kami mengusulkan agar disini dibangun sarana olahraga, sehingga dapat memacu kretifitas remaja-remaja disini,” ujar Kiki, Risma setempat.

Menanggapi semua aspirasi warga tersebut, Walikota H. Helmi Hasan akan menyerap langsung aspirasi masyarakat. Dirinya mengatakan akan memprioritaskan apa-apa saja yang menjadi harapan warga kota Bengkulu. “Agar pembangunan merata, mari kita lakukan dengan konsep gotong royong,  sebagaimana semangat kebersamaan para orang tua kita terdahulu,” ujar walikota.
Partisipasi warga menurutnya sangat penting untuk ikut menyukseskan program pembangunan yang digalakkan pemerintah.

Terkait lampu jalan, walikota menjelaskan saat ini dititik jalan protokol kota Bengkulu sebagian besar sudah hidup, dan dalam waktu dekat juga akan dibuatkan lampu jalan yang menjadi keluhan beberapa warga. “Saya bersama jajaran mulai dari tingkat kelurahan dan SKPD terkait akan merespon aspirasi masyarakat melalui one day action,  dan semua itu akan terlaksana dengan kerjasama kita antara pemerintah dan masyarakat,” terangnya.

Pada kesempatan itu juga, walikota menerangkan bahwa dalam waktu dekat akan diadakan lomba kebersihan kelurahan.
“Pemerintah nanti juga akan mengadakan lomba kebersihan antar kelurahan. Karena ada 67 kelurahan dan 1063 RT di kota Bengkulu, melalui lomba itu saya harapkan dapat memacu kecintaan masyarakat terhadap kelurahannya,” paparnya.

Sebelumnya, kedatangan Walikota H. Helmi Hasan disambut dengan hangat oleh warga perumahan Korpri kelurahan Bentiring. Bahkan beberapa anak-anak tampak akrab mengerumuni Walikota yang tampak akrab dengan setiap warga. Walikota juga menyempatkan diri salat ashar berjamaah di Masjid Al Azhar Tanjung Agung dan membagikan uang jajanan untuk anak-anak. Tampak hadir saat tatap muka bersama warga, Camat Muara Bangkahulu, Lurah Bentiring dan tokoh masyarakat setempat. (400/hms/prw)