Sepuluh Lurah Dimutasi

Asisten I Setda kota, Bujang HR melantik 112 pejabat eselon IV di ruang Hidayah Setda Kota Bengkulu, kemarin (20/8).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kota Bengkulu menggelar mutasi dan rotasi terhadap 112 Aparatur Sipil Negara (ASN), kemarin. Dalam susunan mutasi itu juga terdapat 10 lurah yang dirotasi, dan puluhan pejabat eselon IV ditempatkan pada jabatan Kasi untuk mengisi kekosongan di tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Kita fokus merombak di tingkat kelurahan, ini untuk mengisi kekosongan terutama jabatan Kasi. Hal ini juga untuk membantu pihak kelurahan dalam menjalankan program dana kelurahan,” kata Asisten I Setda kota, Drs Bujang Hr usai melantik pejabat tersebut di ruang Hidayah Kantor Walikota, kemarin (20/8).

Adapun yang menjadi fokus utama dalam mutasi ini untuk memaksimalkan penggunaan dana kelurahan yang mulai diterapkan tahun ini. Sebab, masih banyak kelurahan yang belum mencairkan dana, ditambah lagi banyak laporan beberapa ASN di kelurahan menolak untuk mengelola dana tersebut dengan berbagai alasan.

Sementara itu, ada beberapa kepala lurah yang digeser untuk menyesuaikan dengan domisili mereka agar lebih dekat dengan masyarakat tempat tinggal lurah itu sendiri.
“Alasan mereka karena tidak mampu, ada juga yang merasa ketakutan atau sulit mencairkan dana, padahal semuanya sudah kita sosialisasikan kepada mereka,” jelas Bujang.



Bagi ASN yang menolak tersebut, maka dilepas dari jabatannya atau dijadikan sebagai staf biasa. Sebab, dana kelurahan harus terserap maksimal, apalagi sudah memasuki masa pencairan, dan program-program yang telah disusun harus segera direalisasikan.

“Kita berikan sanksi bagi mereka yang menolak, dan untuk sementara mereka menjadikan staf biasa karena mereka juga sudah membuat surat pernyataan,” ungkapnya.

Dengan diberikan jabatan kepada beberapa ASN ini, maka diharapkan dana kelurahan bisa segera dicairkan dan dikelola secara bijak di seluruh kelurahan yang ada di Kota Bengkulu. “Baru 60 persen kelurahan yang sudah mencairkan dana, dan bagi yang belum kami harap segera mencairkan dana kelurahan untuk menjalankan kegiatan-kegiatan di kelurahan masing-masing,” pungkasnya. (805)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*