September, Pilkades Serentak

Siswanto S Sos Msi

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Selatan (BS), Siswanto S Sos Msi mengatakan, tahun 2019 akan digelar pemilihan kepala desa (pilkades) untuk 74 desa se Bengkulu Selatan. Pelaksanaan Pilkades ini digelar secara serentak. “Pelaksanaan Pilkades serentak kami perkirakan September atau Oktober tahun ini,” katanya. Siswanto mengatakan, mengingat pelaksanaan Pilkades serentak tidak lama lagi, dirinya mengingatkan, badan perwakilan desa (BPD) desa yang akan menggelar pilkades, segera membentuk panitia pilkades. Sebab, masa pembentukan panitia ini dapat dilakukan 6 bulan sebelum pelaksanaan pilkades.

“Setidaknya setelah pemilu serentak ini, desa yang akan menggelar pilkades dapat segera membentuk panitia,” ujarnya.

Siswanto menambahkan, pada pelaksanaan Pilkades nanti, dirinya mengimbau panitia tidak memungut iuran dari calon kades. Sebab anggaran Pilkades saat ini sebagian sudah dianggarkan oleh pihaknya melalui APBD BS sebesar Rp 300 juta. Hanya saja, karena dana tersebut sangat minim, pihaknya mengusulkan agar ditambah pada APBD perubahan.



“Saya ingatkan, panitia pilkades tidak boleh memungut biaya dari cakades,” imbuhnya.

Mengingat anggaran minim, dirinya juga meminta masing-masing desa dapat menganggarkan dana untuk Pilkades dari dana desa (DD). Sebab dibolehkan DD digunakan untuk menggelar pilkades. Hanya saja, anggaran tersebut dimasukan dalam APBdes masing-masing desa. “Desa yang akan menggelar pilkades, silahkan dianggarkan melalui DD dengan catatan sudah dimasukan pada APBDesnya,” terang Siswanto. (369)