Senpi adalah Istri Pertama

Bengkulu
BUDHI/Bengkulu Ekspress Kegiatan pemeriksaan senjata api yang dilakukan oleh Wakapolda Bengkulu Kombes Pol Dr Drs Agus Kurniady Sutisna MM MH kepada setiap anggota yang memegang senjata di lapangan Mapolda Bengkulu, Rabu pagi (24/5).

Wakapolda Periksa Senpi Anggota Polda

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Bagi personil kepolisian, senjata api adalah ibarat istri pertama.  Oleh sebab itu,  Senpi harus benar-benar dijaga dan dirawat dengan baik.  Demikian disampaikan Wakapolda Bengkulu Kombes Pol Dr Drs Agus Kurniady Sutisna MM MH, saat melakukan pemeriksaan Senpi personil Polda Bengkulu, Rabu pagi (24/5) di lapangan Mapolda Bengkulu.

“Dalam kesempatan ini saya ingatkan kepada anggota sekalian khususnya bagi para pemegang Senpi.  Saudara diberikan kepercayaan oleh dinas untuk memegang Senpi karena saudara dianggap cakap dalam penggunaan Senpi tersebut.  Ingat kembali bahwa Senpi merupakan istri pertama saudara, sehingga harus dijaga dan dirawat sedemikian rupa,” terang Wakapolda.

Pemeriksaan Senpi ini merupakan pemeriksaan rutin yang dilaksanakan secara berkala dengan tujuan meminimalisir pelanggaran terkait penggunaan senjata api oleh personel Polri khususnya anggota Polda Bengkulu.

Wakapolda mengingatkan, saat ini banyak kejadian yang salah satunya ada hubungaannya dengan senjata api.

“Ini agar kejadian yang pernah terjadi tidak terulang lagi. Oleh sebab itu pemeriksaan Senpi perlu dilakukan terus nantinya,” ucapnya.

Menurut Wakapolda, ke depan nanti, pihaknya akan lebih selektif dan teliti dalam memberikan setiap anggota Senpi dan harus melalui beberapa prosedur tes, baik tes psikologisnya maupun tes kelayakan anggota tersebut dalam memegang Senpi.

“Ini akan kita terapkan dan kita yakin ke depan kita lebih selektif lagi dalam memberikan senpi kepada anggota kita,” tuturnya.

Dalam kegiatan pemeriksaan tersebut, turut diikuti oleh Irwasda Polda Bengkulu Kombes Pol Drs M Rochman dan Kabid Propam Polda Bengkulu AKBP Edi Suroso SIk serta beberapa pejabat utama Polda Bengkulu lainnya juga turut hadir dan membantu untuk melakukan dan memeriksa senpi anggota sehingga pemeriksaan berjalan cepat dan lancar.

Berdasarkan pantauan Bengkulu Ekspress, Dalam pemeriksaan kali ini tidak ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh personel Polda Bengkulu baik dari segi administrasi maupun dari segi perawatan senjata api dan semua anggota yang memegang Senpi layak dan telah memenuhi prosedur yang telat dibuat selama ini. (529)