Senin, Hasil Seleksi KIP Diumumkan

bup pertemuan dgn KIP
foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu telah melakukan penilaian terhadap 15 calon komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Bengkulu. Namun hingga saat ini, 5 nama yang dinyatakan lulus belum juga diumumkan.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Srie Rejeki SH MH mengatakan, Komisi I memang telah selesai melakukan penilaian, baik uji kepatutun maupun kelayakan. Namun nama-nama itu akan disampikan kepada publik telah mendapatkan persetujuan dari Ketua DPRD Provinsi.

“Penilaian sudah selesai kita lakukan. Sekarang proses administrasi untuk disampaikan kepada Ketua DPRD. Nanti akan sampaikan apa hasilnya,” terang Srie kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (23/5).

Dijelaskannya, Komisi telah melakukan penilaian sejak tanggal 14 Mei lalu. Jika sudah dikoreksi dan disetujui oleh Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Ihsan Fajri SSos, maka 5 nama yang sudah ditetapkan akan disampaikan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu. Teknisnya, bisa pemprov, bisa juga DPRD Provinsi yang menyampaikan kepada publik.  “Prosesnya cepat. Mudah-mudahan Senin (28/5) besok sudah bisa diumumkan,” tuturnya.

Dalam penilaian 15 calon komisioner KIP tersebut, ada 4 dari 7 anggota Komisi I DPRD yang melakukan penilaian.
Empat orang dewan tersebut ialah Srie Rejeki, Dalhadi Umar, Sujono dan Siption Muhady. Sementara 3 orang lainnya, Susilawati, Slamet Riyadi dan Edi Sunandar tidak memberikan penilaian.  Srie mengatakan, 3 orang anggota Komisi I yang tidak memberikan penilaian tersebut lantaran tidak datang pada awal melakukan pengujian kepada 15 nama calon KIP itu.

“Kalau sekali saja tidak ikut berikan nilai, maka penilaian selanjutnya tidak bisa diikutkan. Jadi, memang begitu aturannya, yang terpenting kuorum anggotanya. Semua calon KIP juga sudah memberikan pernyataan bersedia untuk tidak menghadirkan 3 orang tersebut,” beber Srie.

Dalam pengujian, Srie menuturkan 15 orang calon KIP itu memang dinilai terbaik. Namun dewan harus tetap memutuskan 5 orang terbaik. Sebab, dalam penilaian kali ini, dewan lebih menekankan agar kinerja KIP itu benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Sebab, selama ini dewan menilai, kehadiran KIP belum memiliki dampak apapun kepada publik.  “Selama ini orang banyak tidak tahu apa itu KIP, apalagi kerjanya. Nah, sekarang kita minta setelah 5 nama itu keluar, harus langsung ke lapangan. Jangan lagi hanya duduk-duduk saja,” tandasnya.

Diketaui, 15 calon KIP yang diseleksi Komisi I adalah Afrizan Joni SH, Albert Satya Jaya SE, Dindin Syarifudin, Drs Eko Wahyudi SSos, Fajri Anshori SE, Herkules Jera’im SH, Hidi Christopher SSos, Mona Anggraini SPt, M Imron Rosyisi, Murdan Lari, Nopianto SP, Rosman Effendi BSc SSos MM, Supratman, Tri Susanti SH dan Willis Z Siregar SSos. (151)