Senin Alsintan Dibagikan

ALSINTAN – Alsintan yang sudah selesai dirakit di halaman belakang kantor Distan Kabupaten Benteng, Kamis

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Jika tidak ada aral melintang, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan membagikan alat dan mesin pertanian (Alsintan) pada hari Senin (17/9) mendatang.

Kepala Distan Kabupaten Benteng, Drs Supawan Said, melalui Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Hendra Putra Kelana SH menjelaskan, Alsintan yang akan disalurkan merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu.

“Dari hasil koordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu, Alsintan sudah bisa dilakukan,” kata Hendra.

Secara keseluruhan, sambung Hendra, pada tahun 2018 ini, Kabupaten Benteng mendapatkan jatah berbagai jenis Alsintan. Meliputi, hand traktor roda dua sebanyak 32 unit, handsprayer sebanyak 6 unit, alat tanam jagung sebanyak 9 unit, alat tanam padi sebanyak 3 unit dan pompa air besar sebanyak 3 unit.

“Bantuan akan kami salurkan kepada kelompok yang telah mengajukan permohonan. Baik itu dari kelompok tani (Poktan), gabungan kelompok tani (Gapoktan) ataupun unit pengelola jasa (Upja) Alsintan,” bebernya.

Agar bantuan diterima tepat sasaran, Hendra menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan verifikasi dan pemeriksaan mengenai syarat dan kelengkapan calon penerima bantuan.



“Yang jelas, Poktan ataupun Gapoktan sudah teregister dan terdaftar. Selain itu, penerima bantuan juga merupakan kelompok yang belum pernah menerima bantuan sebelumnya,” kata dia.

Selain bantuan dari Distan Provinsi Bengkulu, Hendra mengakui bahwa pada tahun ini Pemda Benteng juga mendapat bantuan langsung dari Kementan RI. Meliputi, corn sheller 10 unit, traktor sebanyak 20 unit, cultivator sebanyak 10 unit dan pompa air kecil sebanyak 10 unit.

“Khusus alsintan bantuan pusat, pembagian masih menunggu petunjuk. Selain itu, calon penerima juga masih akan diverifikasi ulang,” demikian Hendra.(135)