Seniman Kepahiang Juara Lukis Provinsi

Ist/Bengkulu Ekspress
Rio Arianto seniman lukis Kabupaten Kepahiang menunjukan kemampuan melukis hingga berhasil menjadi juara.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress– Talenta perupa atau pelukis Kabupaten Kepahiang tidak perlu diragukan lagi, karena sudah bayak mendapatkan juara dalam gelaran lomba diikuti. Terbaru seniman lukis kakak beradik Rio Ariyanto (28) dan Sandi keluar sebagai juara dalam gelaran lomba lukis tingkat Provinsi Bengkulu di Taman Budaya, Senin (29/10).

Rio yang juga guru kesenian SMA mengangkat tema lengguai tua (carano) sebagai warisan budaya. Karyanya mampu memikat dewan juri serta pengunjung, sehingga menjadi juara pertama dan hasil lukisannya dipajang di Taman Budaya Kota Bengkulu



“Saya angkat lengguai tua atau carano yang tidak pernah bisa lepas dari adat kita. Tapi pngaruh zaman dan teknologi canggih perlahan mulai menggeser tradisi,” ungkapnya.

Menurutnya, sebagai seorang seniman dan generasi muda sudah seharusnya menggambar bahan-bahan adat budaya supaya bisa dikenalkan dengan generasi penurus nantinya.”Sebagai seniman dan generasi muda, kita harus pertahankan tradisi dan kearifan budaya lokal,” tuturnya.

Sementara adiknya, Sandi mendapatkan peringkat ke -7 dari total sekitar 40 seniman yang diikut lomba di Taman Budaya. Sandi mengangkat bakul kerajinan lokal yang menjelaskan bahwa antara tradisi ,budaya tidak bisa lepas dari alam. Seperti bakul berbahan baku anyaman bambu perlu dilestarikan. (320)