Senam Germas Disambut Antusias

APRIZAL/BE – Bupati BU Ir H Mian foto bersama kepada peserta Senam Germas, kemarin.

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 12 November mendatang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten BU menggelar Senam Gerakan Masyrakat (Germas) Hidup Sehat. Kegiatan tersebut diikuti 760 peserta mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan umum terdiri dari 152 tim/grup.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 2 hari mulai dari tanggal 25 dan 26 Septembr 2019 bertempat di halaman Kantor Dinkes BU. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati BU Ir H Mian, Kapolres BU AKBP Ariefaldi Warganegara SH SIK MM, Kepala Kejari Fatkhuri SH, Kepala Dinkes Syamsul Maarief SKM Mkes serta seluruh Kepala OPD yang ada di Pemkab BU.

Bupati BU Ir H Mian sangat mengapresiasi senam Germas yang digelar Dinas Kesehatan ini karena senam sangat dibutuhkan untuk kesehatan. Meski sehat biasanya bisa diraih dengan olahraga dan pola makan, pola pikir dan pola hidup yang baik, senam tetaplah dibutuhkan.

“Saya sangat apresiasi apa yang dilakukan oleh Dinkes BU ini. Senam Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Namun Aksi Germas ini juga harus diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat. Saya harap senam Germas ini dilakasanakan sehari-hari oleh masyarakat,” harapnya.

Mian pun juga berpesan kepada masyarakat BU untuk dapat menerapkan 7 langkah gerakan masyarakat hidup sehat, yakni melakukan aktifitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkomsumsi minuman berakhol, melakukan cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban. Sebab, 7 langkah Germas ini dapat menjadi panduan menjalani pola hidup yang lebih sehat. “Ketujuh langkah tersebut merupakan bagian penting dari pembiasaan pola hidup sehat dalam masyarakat guna mencegah berbagai masalah kesehatan yang beresiko dialami oleh masyarakat,” terangnya.



Sementara itu, Plt Kepala Dinkes BU Syamsul Maarief SKM MKes, menuturkan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang digalakkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. Dimana setiap Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Bengkulu, digelar lomba senam germas yang nantinya para pemenang atau juara pertama dari seleksi tersebut akan mewakili masing-masing kabupaten pada perlombaan senam Germas di tingkat Provinsi Bengkulu. “Untuk lomba di tingkat Provinsi nya belum bisa dipastikan kapan, kemungkinan nanti serentak dengan momen HKN di 12 November mendatang,” ujarnya. (127)