Semua Madrasah Sudah Terakreditasi

large-sekolah-01
Foto :Ist

CURUP, Bengkulu Ekspress – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong mengungkapkan seluruh madrasah yang ada di Kabupaten Rejang Lebong saat ini sudah terakreditasi. Madrasah yang sudah terakreditasi di Kabupaten Rejang Lebong tersebut mulai dari Madrasah Ibtidaiyah hingga Madrasah Aliyah.

“Alhamdulillah saat ini seluruh madrasah yang berjumlah 25 madrasah di Kabupaten Rejang Lebong sudah terakreditasi semua,” sampai Drs H Lapulangi MM melalui Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Darwin SAg.

Dijelaskan Darwin, status akreditasi yang disandang 25 madrasah yang ada di Kabupaten Rejang Lebong tersebut bervariasi mulai dari akreditasi A, akreditasi B hingga akreditasi minimal C.Menurut Darwin, dengan sudah memiliki akreditasi C keatas, maka seluruh madrasa di Kabupaten Rejang Lebong sudah bisa melaksanakan ujian nasional sendiri, karena bila akreditasinya masih dibawah C seperti E, maka menurut Darwin dalam melaksanakan ujian nasional madrasyah tersebut harus menginduk ke madrasah lain.



Disisi lain, ia juga menjelaskan, dalam akreditasi sekolah sendiri ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi misal standar isi, standar proses, standar kompetensi luluan, standar pendidikan dan tenaga pendidikan, standar sarana dan prasarana standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan.

“Dengan sudah terakreditasinya seluruh madrasah di Kabupaten Rejang Lebong, maka kualitas dari madrasah di Rejang Lebong tidak diragukan lagi,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Darwin mengungkapkan dari total 25 madrasah di Kabupaten Rejang Lebong, terbagi atas lima Madrasah Aliyah, kemudian delapan Madrasah Tsanawiyah dan 12 Madrasah Ibtidayah.(251)