Semua Aset Desa di Kepahiang Didata

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com– Untuk mengetahui sejauh manapemanfaatan dan capaian pembangunan di tingkat desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kepahiang akan mendata semua aset desa yang bersumber dari Dana Desa (DD). Sehingga dapat melihat pembangunan di desa mana yang harus diprioritaskan kedepannya.
Kepala DPMD Kepahiang, Ir Ris Irianto mengatakan, tujuan pemerintah pusat menggelontorkan DD untuk meningkatkan pembangunan di tingkat desa. Sehingga harus medata sejauh mana pencapaian pembangunan di tingkat desa sejak DD ini dikucurukan.
“Aset desa ini berbeda dengan aset daerah, jadi perlu kita dilakukan pendataan. Jadi dengan dilakukan pendataan ini, bisa diketahui sejauh mana pemerataan pembangunan di tingkat desa,” ungkapnya.

Ditambahkannya, selain peningkatan dan pemerataan pembangunan, DD dikucurkan juga diperuntukkan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di tingkat desa. Mungkin mulai dari kerajinan dan pengolahan potensi yang ada di desa masing-masing.
“Rencana kita pendataan akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Hasil pendataan ini nantinya bisa menjadi bahan untuk desa yang harus diprioritaskan,” tutupnya.(320)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*