Semnas Perbankan Syariah

muamalatRATU SAMBAN, BE – Dalam rangka  memperingati  Dies Natalis ke-5 Universitas Dehasen, Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen  Bengkulu  bekerjasama dengan Bank Muamalat Cabang Bengkulu menggelar seminar nasional.  Semnas ini menghadirkan ahli perbankan syariah Indonesia, Ustd Ir Adiwarman Karim, SE MBA MAEP.

Semnas yang digelar di aula Unived itu   mengangkat tema “Outlook Perbankan Syariah  tahun 2013”  yang diikuti sedikitnya 400 mahasiswa Fakultas Ekonomi Unived, kalangan perbankan syariah,  pelaku usaha, serta pelajar di Kota Bengkulu.

Selain  menghadirkan  ahli perbankan syariah juga melibatkan  petinggi Bank Indonesia sebagai serta menghadirkan narasumber  melibatkan Bank Indonesia,
Dekan Fakultas Ekonomi Dehasen, Merri Anitasari SE MA  dalam  sambutannya menuturkan, Semnas ini digelar  dalam rangka Dies Natalis ke 5 dan Lustrum ke-1 Unived.

Dari sinilah kita menggagas, kenapa tema itu diangkat, karena kami melihat ke dalam FE selain punya S1 manajemen, dan akutansi, juga memiliki D3 keuangan  perbankan di dalamnya yang nantinya akan dikonsentrasikan ke bank syariah,  sedangkan keluar perbankan syariah  mengalmi kemajuan yang pesat,   kalau dulu hanya BPRS  sekarang  muncul Muamalat dan akhir-akhir ini bank konvensional membuka bank syariah di Bengkulu.

“Memang perbankan syariah mengalami kemajuan,  dan antrean pelayanan semakin panjang, oleh karenanya, penting dilakukan Semnas perbankan syariah ini, mudah-mudahan dengan Semnas ini  bagaimana ekonomi dan perkembangan syariah kedepanya.

Sementara itu,  ahli  perbankan syariah Indonesia, Ir Aliwarman karim, SE MBA MAEP dalam pemaparannya  sangat mengapresiasikan perkembangan perbankan syariah di Indonesia.

“Saya  bangga dengan perkembangan perbankan syariah di Indonesia, jika dibanding dengan negara lain, Indonesia merupakan  negara yang paling banyak kelembagaan keuangan syariahnya,” katanya. (247)