Seminggu Dibuka, Pendaftar Lomba Balistara Dua Orang

Amir Sofyan MPd

KOTA MANMA, bengkuluekspress.com – Dalam rangka melstarikan cerita rakyat Bengkulu Selatan (BS), dinas perpustakaan dan arsip BS menggelar lomba Sayembara Menulis Cerita Rakyat (Balistara) BS. Hanya saja, sejak waktu pendaftaran dibuka mulai 1 Agustus hingga Senin (9/8), baru beberapa orang daja yang mendaftar.

“Hingga saat ini pendaftar lomba Balistara baru 2 orang,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip BS, Hj Sri Gusti Sabana SH melalui sekretarisnya, Amir Sofyan MPd.

Meskipun mendaftar baru dua orang, namun Amir optimis kegiatan tersebut sukses. Pasalnya waktu pendaftaran masih panjang yakni hingga 30 September. Adapun kedua peserta yang sudah mendaftar tersebut semuanya dari kalangan mahasiswa. Mereka memasukan pendaftaran lomba Balistara BS secara online. Ditambahkan Amir, untuk peserta lomba, pihaknya tidak membatasinya. Sehingga semua warga boleh ikut mendaftar hingga waktu pendaftaran berakhir.

“Jumlah peserta tidak kita batasi, siapapun boleh ikut berpartisipasi,” ujarnya.

Dijelaskan Amir, untuk peserta lomba yakni masyarakat umum. Sehingga siapapun bisa mengikuti lomba. Kemudian cerita yang ditulis yakni cerita rakyat BS yang belum pernah diterbitkan. Dengan begitu, warga bebas menulis semua cerita – cerita rakyat BS. Adapun hadiahnya untuk juara satu mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 1 juta, juara 2 mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 750 ribu, juara 3 mendapatkan hadiah uang Rp 500 ribu dan juara 4-10 masing-masing mendapatkan hadiah uang Rp 250 ribu.

“Pemenang lomba Balistara ini akan diumumkan pada 18 Oktober,” ujarnya.

Amir Sofyan menambahkan, lomba bercerita rakyat ini merupakan inovasi dinas perpustakaan dan arsip BS. Adapun tujuannya untuk memperkaya cerita rakyat BS. Selain itu untuk membangkitkan minat baca warga BS. Sehingga nantinya dibukukan. Dengan begitu, warga BS atau warga luar yang ingin mengetahui cerita rakyat BS bisa didapatnya dengan membaca buku cerita. Adapun untuk syarat dan ketentuan dapat ditanyakan langsung ke panitia lomba di dinas perpustakaan dan arsip BS.

“Semoga dengan adanya Lomba Balistara ini, minat warga BS untuk membaca buku makin meningkat,” demikian Amir. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*