Seminar Teknologi Otomotif Digelar Virtual

Endang/BE
Kegiatan seminar yang digelar secara virtual/online bertemakan “Teknologi Otomotif Terkini Ciptakan Lulusan SMK berkualitas untuk kebutuhan Industri 4.0” dipusatkan di ruang laboratorium SMKN 4 Kota Bengkulu, Senin (8/6).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Provinsi Bengkulu, bekerja sama dengan PT Kawan Lama Sejahtera menggelar seminar yang digelar secara virtual/online bertemakan “Teknologi Otomotif Terkini Ciptakan Lulusan SMK berkualitas untuk kebutuhan Industri 4.0”. Kegiatan yang dipusatkan di ruang laboratorium SMKN 4 Kota Bengkulu itu tersambung dengan tiga provinsi lain, yaitu Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung.

Di Bengkulu kegiatan tersebut dibuka Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Drs Eri Yulian Hidayat MPd didampingi Kabid SMK Drs Buslan. Eri Yulian Hidayat sangat mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. Menurut Eri, seminar online yang diikuti empat provinsi ini dapat mencermati SMK betul-betul bisa seperti slogannya saat ini.

“Ini seminar online perdana bersama PT Kawan Lama. Dengan kerja sama yang baik ini kedepan bisa ditindaklanjuti sehingga lulusan SMK bisa terjun di dunia usaha dan dunia industri (DUDI) sesuai yang diharapkan DUDI,” harapnya.

Masih menurut Eri, PT Kawan Lama bisa mendukung dalam segala hal bidang otomotif kekinian, mencetak peserta didik sesuai dengan kompetensi yang diharapkan Dunia usaha dan dunia Industri (DuDi). “Mudah-mudahan memberikan dampak positif bagi siswa/siswi sehingga Link Match antara Dudi dengan sekolah dapat bersinergi dan hasilnya betul-betul bisa terjun di DUDI,” imbuhnya.

Sales Marketing PT Kawan Lama wilayah Bengkulu Antowijaya diamini rekanya Andre menuturkan, seminar online sengaja dilakukan karena dimasa pandemi Covid-19 tidak bisa mengumpulkan orang banyak. Dengan kemajuan teknologi dan informasi, maka seminar dilakukan tanpa harus bertatap muka yakni dilakukan secara virtual (Online). Tujuan PT Kawan lama menggelar seminar online untuk mengsuport adanya sistem wacana pemerintah link and match antara dunia pendidikan dengan Dudi.

“Sehingga jika industri sudah canggih, lulusan SMK juga bisa mengikuti perkembangan DUDI besar yang ada di Indonesia,” bebernya.

Pelaksanaan Seminar online ini lanjutan semninar yang sebelumnya telah dilaksanakan di beberapa provinsi. Kedepan ditindalnajuti dengan menggelar berbagai event lain, seperti Lomba Kompetensi Siswa tingkat SMK, sekaligus mengenalkan produk yang mendukung perkembangan otomotif. Ketua MKKS SMK se-Provinsi Bengkulu Paidi MTPd menuturkan, tak ingin kehilangan kesempatan untuk memajukan dunia pendidikan khususnya jurusan otomotif. Menrutnya, kerja sama dengan PT Kawan Lama diharapkan terus terjalin dengan baik. Pasalnya, SMK harus mampu mempersiapkan lulusan SMK agar mampu berdaya saing di dunia industri. Seminar ini untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, pengembangan kiprah hingga peluang kerja para lulusan SMK.

“Harapan kita siswa siswi SMK mampu bersaing aktif berkompetisi didunia kerja dan menggugah para industri untuk memperluas serapan lulusan SMK,”tukasnya.

Ada empat isu yang dibahas dalam seminar tersebut, yaitu tren dan perkembangan teknologi mesin otomotif, tantangan dan kebutuhan industri otomotif era 4.0, peralatan dan mesin pengajar otomotif terbaik untuk pendidikan vokasi, serta solusi otomotif dengan penawaran ekslusif bagi peserta seminar. (247)