Seminar Keperawatan 2021 di Rejang Lebong, Deteksi Thalassemia Sejak Dini


Ary/BE
Asisten II Setdakab RL bersama pengurus DPD PPNI Rejang Lebong berfoto dengan anak-anak thalassemia dalam kegiatan seminar keperawatan yang mengambil tema deteksi dini thalassemia bagi perawat dan guru, Selasa (30/3)

CURUP, bengkuluekspress.com– Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kabupaten Rejang Lebong mengajak masyarakat untuk bisa mengenal lebih dini penyakit thalassemia. Salah satu upaya yang dilakukan DPD PPNI Rejang Lebong yang yaitu dengan melaksanakan seminar keperawatan yang mengambil tema deteksi dini thalassemia bagi perawat dan guru.
“Semakin dini diagnosis thalassemia, maka akan semakin cepat anak mendapatkan transfusi darah yang ade kuta, maka harapan dan kulitas hidup akan tersebut akan semakin baik,” ungkap Ketua DPD PPNI Rejang Lebong, NsAandra SKep dalam kegiatan seminar yang dilaksanakan diruang pola Pemkab Rejang Lebong,Selasa (30/3).

Melihat pentingnya deteksi dini untuk thalessemia tersebut, maka menurutnya DPD PPNI Rejang Lebong melaksanakan seminar kemarin untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan thalessemia baik kepada perawat maupun para guru di Rejang Lebong serta cara perawatannya sehari-hari dirumah.
“Dengan adanya informasi tentang thalassemia ini, maka diharapkan para guru bisa membantu mendeteksi dini bila ada anak yang terkena thalessemi,” tambah Aandra.

Disisi lain, ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan seminar yang dilaksanakan DPD PPNI Rejang Lebong kemarin dalam rangka ulang tahun PPNI ke-47 tahun 2021. Dimana selain melaksanakan kegiatan seminar, DPD PPNI Rejang Lebong juga telah lebih dahulu melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pemberian 1.000 leaflet tentang vaksinasi Covid-19 serta 1.000 lembar masker yang dibbagikan kepada masyarakat Rejang Lebong.
Sementara itu, Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi MM yang diwakilkan oleh Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Rejang Lebong, Ir Zulkarnain MT menyampaikan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan DPD PPNI Rejang Lebong tersebut.
“Atas nama pemerintah daerah kami menyampaikan terima kasih kepada DPD PPNI Rejang Lebong telah melaksanakan kegiatan seminar dan bakti sosial dalam rangkat HUT PPNI ke-47,” terang Zulkarnain.

Menurut Zulkarnain, dengan adanya kegiatan seminar tersebut selain untuk menambah pengetahuan, juga meningkatkan kerjasama salah satunya dengan PGRI Kabupaten Rejang Lebong untuk melakukan deteksi dini kepada anak-anak yang terkena thalassemia. Karena menurutnya dengan deteksi dini maka penanganan yang diberikan untuk penderita thalassemia ini akan lebih baik.
Peserta dari kegiatan seminar keperawatan kemarin antara lain 35 orang guru, kemudian perawat, LSM dan kelompok pemerhati thalassemia seperti dari PMI Rejang Lebong, Popti, GMMI, S3, Al-Ghazi. Selain menjadi perserta langsung sebagian juga mengikuti seminar melalui aplikasi zoom dengan total peserta sebanyak 200 orang. Kegiatan tersebut dilaksanakan berkar kerjasama antara DPD PMII Rejang Lebong dengan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, BPJS Kesehatan Cabang Curup, TP PKK Rejang Lebong, PMI Rejang Lebong, Toko Vera Bangunan, KFT Kepahiang dan Kelompok Relawan Darah Rejang Lebong.(251/krn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*