Semangat Patriotisme Pemuda Harus Hadir di Tengah Pandemi

Foto Hendrik/ BE – Anggota DPD RI Hj. Riri Damayanti John Latief mengajak para pemuda untuk menumbuhkan semangat patriotisme saat menjadi pembicara dalam dialog kebangsaan sumpah pemuda, di Bengkulu, Kamis (5/11).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Anggota DPD RI Hj. Riri Damayanti John Latief mengajak para pemuda untuk menumbuhkan semangat patriotisme. Hal itu diungkapkannya saat menjadi pembicara dalam dialog kebangsaan sumpah pemuda, di Bengkulu, Kamis (5/11).

“Para pemuda merupakan agen-agen perubahan sekaligus kontrol untuk kemajuan bangsa dan daerah. Kita mengajak para pemuda maupun mahasiswa, agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan, untuk keutuhan NKRI,” kata Riri, Kamis (5/11).

Riri mengatakan, apalagi saat masa pandemi Covid-19, bahwa perkembangan kasus Covid 19 di Provinsi Bengkulu, semakin hari terus menunjukan penambahan.

“Ini membutuhkan peran kita bersama-sama, bukan tentang hanya soal Covid 19, tetapi segala macam penyakit, memberikan pemahaman kepada masyarakat,” ujarnya.

Riri menambahkan, terlebih saat ini dihadapkan dengan penyelenggaraan Pilkada serentak. Peran pemuda sangat dibutuhkan
untuk menyukseskan pesta demokrasi tingkat daerah yang diselenggarakan 5 tahun sekali tersebut.

Sementara itu Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Antoni SH MH mengatakan, semangat nasionalisme saat ini dapat dilakukan oleh para pemuda dan pemudi dengan cara melakukan aktivitas yang positif. Dengan meningkatkan produktifitas sebagai upaya untuk memberikan kontribusi kepada majunya bangsa dan negara.

Selain itu, pemuda yang juga sebagai agen perubahan tentu memiliki peran yang besar, sejak zaman kemerdekaan lalu. Oleh karena itu, pemuda harus mampu menginspirasi dan menggiring proses pembangunan diseluruh sektor.

“Semangat dan pengorbanan atas perjalanan panjang bangsa ini, peran pemuda sebagai pejuang bangsa yang sangat berarti,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Drs Teguh Sarwono MSi mengatakan, untuk menjaga keutuhan NKRI setiap pemuda tidak hanya mengamalkan semangat sumpah pemuda saja, tetapi juga haruslah menanamkan rasa cinta tanah air. Dengan memiliki rasa cinta tanah air, maka persatuan dan kesatuan akan terus terpelihara dengan baik.

“Menanamkan rasa cinta tanah air, kita harus bangga dengan bahasa kita, bangga dengan fisik kita juga, dan bangga dengan seluruh produk Indonesia,” pungkasnya.

Ia menambahkan, para pemuda juga harus memiliki sikap rela berkorban. Dengan memiliki sikap tersebut maka para pemuda dapat menjadi bagian untuk menjaga keutuhan NKRI.(HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*