“Semalam di Ranah Minang” Jadi Panggung Budaya Bengkulu

 Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Bengkulu ke-51, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Bengkulu Ekspress Televisi (BETV) menggelar kegiatan bertajuk “Samalam di Ranah Minang”.

Kegiatan itu dibuka langsung Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada Rabu malam, (30/10). Dalam sambutannya Gubernur Bengkulu meminta perhelatan itu menjadi panggung budaya Bengkulu.

“Pemerintah Provinsi Bengkulu ingin menunjukan bahwa Bengkulu adalah provinsi yang besar dengan keragamanan dan kaya akan budaya,” ungkap Rohidin yang digelari Sultan Mangku Alam itu.

Acara seperti ini, lanjut mantan Wabup Bengkulu Selatan itu, menjadi media silahturahmi untuk menyatukan elemen masyarakat agar tidak ada sekat diantara masyrakat Bengkulu.

Tidak hanya itu, kedepan setelah panggung kesenian di lapangan merdeka selesai direnovasi, Pemerintah Provinsi Bengkulu berkeinginan untuk dalam setiap bulannya menampilkan kesenian dan kebudayaan dari berbagai suku yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Kita tunjukan bahwa budaya Bengkulu itu kaya, beragam dan unik. Mari kita nikmati acara kesenian malam ini dengan gembira,” kata Gubernur.

Senada dengan Gubernur Bengkulu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu  Irsan Setiawan SH, MM mengatakan, kegiatan ini sebagai pertunjukan budaya daerah. Sebagai bentuk upaya pemprov Bengkulu untuk merangkul etnis budaya yang ada di Provinsi Bengkulu. Serta upaya mewujudkan Wonderfull 2020.

“Kegiatan ini dihadiri pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu ninik mamak, bundo kandung, tetuah jurai, IKM dan masyarakat Bengkulu yang dari suku minang diprovinsi Bengkulu yang dikerjakasamkan dengan BETV. Masyarakat minang kita harapkan juga siap untuk membantu pembangunan di Provinsi Bengkulu dan mendukung program visit wonderfull 2020,” pungkasnya.

Masih kata Irsan, kegiatan ini juga dimeriahkan pelantun lagu “Alah Bapaga Mangko Patah” Kiky Titania, yang akan membawakan tembang-tembang hits nya. Bukan hanya itu, kegiatan juga akan dimeriahkan permainan khas minang yang biasa disebut KIM (Kesenian Irama Minang). Berbagai hadiah bahkan telah disiapkan oleh panitia penyelenggara.

Sementara itu Tokoh minang Dr. H. Muhamad Yunus Said, sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi Bengkulu yang telah menyelenggarakan acara yang sangat istimewa itu.

“Mewakili masyarakat suku minang saya menyampaikan ucapan terima kasih yang telah melaksanakan adat istidat minang dan turut serta dalam memeriahkan HUT provinsi Bengkulu yang ke 51,” singkatnya. (HBN/ADV)