Seluruh Wilayah Kaur Ditarget Terjangkau 4G

=foto: Asman Suhadi=

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Jaringan operator selular 4G dan 3G belum begitu merata diseluruh kecamatan Kabupaten Kaur. Menyikapi hal ini Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kaur ditahun 2020, akan melakukan perbaikan jaringan dan juga penambahan tower peningkatan kualitas signal.“Kita upayakan ditahun 2020 ini semua wilayah sudah terjangkau 4G dan tidak ada lagi 3G,” kata Kepala Diskominfo SP Kaur, Asman Suhadi SP, kemarin (2/1).

Dikatakannya, ada beberapa operator selular yang akan disurati pihaknya yakni Telkomsel, Indosat hingga XL. Permintaan ini agar mereka dapat meningkatkan layanan terutama layanan internet dengan pelanggan. Secara garis besar seluruh desa di kabupaten Kaur sudah mendapatkan signal komunikasi. Hanya saja beberapa titik masih ada yang kualitas jariangnnya hanya 3G bahkan ada sebagian yang masih 2G. Dikatakannya usulan pendirian tower disampaikan sebanyak 8 titik kepada operator seluler.

“Untuk peningkatan status kita usulkan seluruh layanan 4G saat ini secara hitungan semua sudah 4G tapi kita minta dilakukan penambahan untuk memperkuat jaringan yang masih lema,”ujarnya.

Ditambahkannya, khusus layanan Telkomsel saat ini seluruh jaringan sudah 4G hanya membutuhkan penguatan jaringan saja. Namun untuk Indosat dan XL masih dibutuhkan beberapa titik untuk penguatan dari 2G, 3g hingga 4G. Hal ini yang diminta oleh pihaknya untuk dapat memperluas jaringan menginat sata ini kebutuhan jaringan internet bukan hanya kebutuhan untuk komunikasi saja.

Bahkan bukan hanya kalangan kantoran saja yang membutuhkan akses internet, namun mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa saat ini membutuhkan layanan internet untuk akses konten mulai dari hiburan, pendidikan, pembelajaran hingga konten media sosial.“Selaian operator sellular kita juga minta penambahan jaringan Internet Speedy beberapa wilayah yang saat ini belum dilalui kabel Telkom,” tandasnya. (618)