Seluruh Puskesmas di Lebong Terakreditasi

ERICK/BE
AKREDITASI : Puskesmas Muara Aman yang merupakan satu-satunya Puskesmas yang ada di kabupaten Lebong yang telah terakreditasi utama.

Lebong, bengkuluekspress.com – Setelah berjuang sejak tahun 2016 yang lalu, akhirnya 13 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di 12 kecamatan Kabupaten Lebong, terakreditasi. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lebong, Rachman SKm MSi mengatakan, bahwa pihaknya bersyukur setelah berjuang bersama-sama, baik dari pihak Dinkes, Puskesmas serta seluruh unsur, akhirnya seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Lebong semuanya telah terakreditasi.

“Kita memiliki 13 Puskesmas dan semuanya telah terakreditasi, walupun masih ada yang terakreditasi dasar dan baru satu yang utama,” jelasnya, kemarin (06/01).

Untuk itulah, dirinya berharap, bisa memacu semangat seluruh petugas kesehatan yang bertugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena dengan terakreditasinya Puskesmas maka kedepan pekerjaan akan semakin menantang. “Puskesmas kita sudah terakreditasi, jadikan nilai yang didapat sebagai pemacu semangat untuk bekerja,” ajaknya.

Terakreditasinya suatu Puskesmas, menunjukan bahwa Puskesmas tersebut telah memiliki sarana dan prasarana yang baik. Sehingga pelayanan kepada masyarakat akan bisa dilakukan secara maksimal. “Untuk itulahkita terus berusaha agar semua Puskesmas terakreditasi,” ujarnya.

Selain itu, saat ini Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan hanya bisa menjalin kerjasama kepada Puskesmas yang telah memiliki akreditasi. Sementara Puskesmas sendiri merupakan salah satu pusat pelayanan kesehatan yang banyak dikunjungi masyarakat yang memegang kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) atau kartu yang lainnya. “Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka masyarakat yang memegang kartu Jamkesda atau yang lainnya tidak bisa menggunakan kartu ketika berobat di Puskesmas yang belum terakreditasi,” ucapnya.

Ditambahkan Rachman, dalam melakukan penilaian akreditasi Puskesmas langsung dinilai oleh tim dari Komisi Akreditasi Fasiliytas Kesehatan Tingkat Pratama (KAFKTP). Tim KAFKTP langsung turung ke setiap Puskesmas untuk melihat mulai dari fasilitas, administrasi serta pelayannanya kepada masyarakat serta yang lainnya. “Akreditasinya memang masih ada yang dasar atau madya, tahun-tahun selanjutnya kita akan terus berusaha agar akreditasinya bisa meningkat,” harap Kadinkes.

Puskesmas yang mendapatkan akreditasi dasar sebanyak 6 Puskesmas, yaitu Puskesmas Lemau Pit, Rimbo Pengadang, Semelako, Suka datang, Kota baru dan Ketenong. Sementara untuk Puskesmas yang terakreditasi madya juga 6 Puskesmas, yaitu Puskesmas Sukau Raja, Kota Donok, Tes, Talang Leak, Tapus dan Taba Atas. Sementara untuk Puskesmas yang terakreditasi utama, yaitu Puskesmas Muara Aman.(614)