Seluruh Petani di Bengkulu Utara Ditarget Miliki Kartu Tani

Kepala DTPHP BU Kuasa Barus SPt
Kepala DTPHP BU Kuasa Barus SPt

ARGA MAKMUR, BE – Pada 2021, Kartu Tani ditargetkan sudah dimiliki oleh semua petani di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara (BU).

Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten BU Kuasa Barus SPt. Sistem kartu tani selain untuk memudahkan penyaluran pupuk bersubsidi, data di kartu tani untuk transparansi penyaluran pupuk subsdidi agar tepat sasaran dengan menerapkan sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) mempermudah pemantuan penggunaan pupuk bersubsidi.

“Ya, kita bersama perbankan telah memulai mensosialisasikan Kartu Tani mulai kepada para pengecer pupuk subsidi, dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) guna mengenalkan penerapan kartu tani pada awal tahun 2021 mendatang,” kata Kuasa Barus.

Kuasa Barus pun berharap dengan sistem ini dapat membuat alur distribusi pupuk bersubsidi lebih transparan, baik dalam pengusulan dan pengalokasiannya. Selain itu, dengan menggunakan sistem e-RDKK yang berdasar pada Nomor Induk Kependudukan (NIK) ini juga memberi manfaat dalam pengendalian pemanfaatan subsidi.

“Kami berharap semua kelompok tani bekerjasama dengan penyuluh pertanian untuk menginput e-RDKK supaya semua anggota kelompok tani bisa mendapatkan kartu tani,” tukasnya.  (127)