Seluruh Pejabat Bakal Diuji

Foto : Plt Kepala BKPSDM, Apileslipi SKom MSi

BKPSDM : Sebagai Dasar Mutasi Jabatan

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dalam waktu dekat akan menggelar uji kompetensi bagi seluruh pejabat di lingkungan Pemda Benteng.

“Sesuai dengan rencana, uji kompetensi akan digelar pada pertengahan bulan Januari ini. Untuk tanggal pastinya, belum ditetapkan,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDM Kabupaten Benteng, Apileslipi SKom MSi, kemarin (11/1).

Lebih lanjut, Lipi menuturkan, uji kompetensi akan dilakukan kepada pejabat yang menduduki jabatan eselon terbawah hingga eselon atas. Dimulai dari para Kepala Seksi (Kasi) dan Kasubag yang menduduki jabatan eselon IV hingga posisi Kepala Dinas (Kadis) serta staf ahli yang merupakan pejabat eselon II.”Seluruh Kasi dan Kadis yang belum menjalani tahapan asessmen wajib mengikuti tes kompetensi,” tandasnya.

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat Sekretaris BKPSDM Kabupaten Benteng ini menegaskan, uji kompetensi merupakan salah satu instruksi yang disampaikan oleh Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara (KemenPAN) dan Reformasi Birokrasi (RB).

Tujuannya, untuk menentukan posisi jabatan yang akan diamanahkan kepada para pejabat. Dari hasil uji kompetensi nantinya, kata Lipi, akan menjadi dasar bagi BKPSDM dalam menentukan posisi jabatan yang sesuai dengan kompetensi masing-masing.

“Dari uji kompetensi nantinya, akan dilakukan mutasi jabatan. Dengan demikian, tak menutup kemungkinan akan ada pejabat yang non job, promosi ataupun hanya sekedar dirotasi dalam jabatan lain yang lebih mumpuni sesuai dengan kompetensi,” demikian Lipi.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*