Seluruh Pedagang Pasar Mambo, Pindah

Lokasi wisata pasar kuliner yang akan dilaunching hari ini, para pedagang yang akan menempati lokasi ini ada para pedagang Pasar Malam Bang Mego (Mambo).

CURUP, Bengkulu Ekspress – Hari ini Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan melaunching atau meresmikan wisata pasar kuliner yang ada di Lapangan Setia Negara.

Para pedagang yang akan menempati lapak-lapak yang telah disiapkan adalah para pedagang Pasar Malam Bang Mego (Mambo).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Dra Upik Zumratul Aini MSi mengungkapkan, bila sebelumnya baru 23 pedagang yang bersedia pindah.

Seiring dengan dekatnya rencana relokasi ke wisata pasar kuliner, seluruh pedagang Pasar Mambo setuju untuk direlokasi. “Insya Allah seluruh pedagang pasar Mambo bersedia mengisi kios yang ada di Lapangan Setia Negara,” sampai Upik.

Terkait dengan retribusi yang akan dibayarkan oleh para pedagang sendiri, menurut Upik hingga kemarin belum diputuskan berapa yang harus dibayarkan para pedagang.

Karena menurut Upik, untuk menentukan besaran retribusi yang akan dibayarkan oleh pedagang harus dilakukan uji petik terlebih dahulu.

Selain harus dilakukan uji petik, menurut Upik juga harus dilakukan analisa secara akademis dan hitungan ekonomi, sehingga untuk tahap awal ini para pedagang wisata pasar kuliner akan beri kelonggaran atau gratis dalam menempati kios atau auning yang ada sampai adanya uji petik untuk menentukan besaran yang harus mereka bayarkan.

“Untuk tahap awal ini, para pedagang masih kita beri kelonggaran untuk menunggu kios, kecuali listrik, para pedagang harus bayar sesuai dengan yang mereka gunakan,” tambah Upik.

Peresmian wisata pasar kuliner sendiri, menurut Upik akan dilaksanakan bersamaan dengan peringatan empat tahun Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi dan H Iqbal Bastari SPd MM yang jatuh pada Senin (17/2) atau hari ini. Dalam launching wisata pasar kuliner sendiri, menurut Upik pihaknya dari Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong menghadirkan band lokal Curup yaitu Robusta.

“Kami mengajak seluruh masyarakat khususnya Kota Curup untuk bisa menyaksikan launching pasar kuliner ini, selain itu dengan hadirnya wisata pasar kuliner ini bisa menjadi tempat wisata kuliner di Kabupaten Rejang Lebong kedepannya,” demikian Upik. (251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*