Seluruh OPD Kota Wajib Terlibat Tanggulangi Bencana

FOTO ILMI/BE – Pertemuan dengan OPD untuk peningkatan kerjasama dalam PRB dibuka langsung oleh Walikota Bengkulu, Helmi Hasan.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu, Rabu (4/12) pagi, melaksanakan pertemuan dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pertemuan yang dilakukan di salah satu hotel di Kota Bengkulu ini dilakukan guna meningkatkan pemahaman dan kerjasama pemerintah dalam pengurangan resiko bencana (PRB).

Dalam pertemuan ini dibahas peran setiap OPD ketika bencana datang, karena setiap OPD harus bekerjasama dalam melakukan penanggulangan dampak bencana.

“Seluruh OPD harus terlibat ketika bencana datang, dan harus turun di tengah-tengah masyarakat. Kita lihat ketika banjir kemarin, kalau tidak ada unsur pemerintah yang datang, pasti masyarakat mengeluh,” jelas Walikota Bengkulu, saat membuka acara tersebut.

Di sisi lain, Walikota juga mengatakan, bencana sejatinya tidak bisa ditolak, akan tetapi bisa diantisipasi dengan meningkatkan ibadah. Ia pun mengajak masyarakat Bengkulu untuk beribadah ke Tuhan yang maha esa, dan mengamalkan sunnah termasuk menghafalkan hadist.

“InsyaAllah kalau kita tingkatkan ibadah bencana bisa diantisipasi, di daerah lain juga terjadi kemarau panjang beberapa waktu yang lalu hanya saja mereka mengalami kekeringan yang luar biasa, sedangkan kita tidak begitu terasa, masyarakat harus banyak meningkatkan ibadah dan memakmurkan rumah ibadah masing-masing,” tandas Helmi.(ibe)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*