Seluruh Jalan Dalam Kota Dihotmik

jalan rusakGADING CEMPAKA, BE – Dalam program 100 hari Helmi- Linda, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu akan fokus pada pembangunan jalan  dan perbaikan jalan lingkungan, dengan cara dihotmik.  Untuk kegiatan tersebut Dinas PU  mengusulkan anggaran pembangunan jalan dan perbaikan jalan lingkungan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD)  2013  hingga miliaran rupiah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu,  Herawansyah  menuturkan, total anggaran yang diperuntukan Dinas PU, pada APBD 2013 mencapai sebesar Rp 57 miliar.  Dana ini untuk  pembuatan jalan  lingkungan yang baru serta  perbaikan titik-titik jalan.  “Khusus anggaran  pembangunan dan perbaikan jalan dianggarkan Rp 24 miliar, dana ini baik untuk  pembuatan jalan dan perbaikan tiap titik terutama jalan lingkungan warga yang rusak dan berlubang,” katanya, seraya menambahkan pembuatan dan pembangunan jalan yang ada di kota tidak lagi menggunakan Burda, atau  istilah lainya, pasalnya    seluruh jalan dalam kota akan dibuat hotmik.

Diungkapkannya, jalan yang rusak dalam lingkungan warga yang mesti diperbaiki.  Sementara juga menjadi prioritas pembangunan jalan daerah terpencil seperti kawasan jalan yang belum tersentuh akses jalan beraspal yang jumlahnya juga puluhan.  “Selain dari dana APBD,  kita  juga  mengandalkan bantuan dari pusat sebesar Rp. 20 miliar untuk pembangunan jalan dan sisanya DAU APBD,” ungkap Herawansyah.

Ia menambahkan, prioritas pembangunan jalan dan perbaikan jalan ini merupakan salah satu program terdepan Dinas Pekerjaan Umum, untuk memutuskan keterisolasian beberapa daerah di pinggiran. Dia berharap untuk tahun 2013 tidak ada lagi kawasan yang tidak terjangkau. (247)