Seluma Siapkan 3.250 Rapid Tes

JEFRY/BE
RAPID TES: Dinas Kesehatan Seluma akan melakukan rapid tes terhadap tim medis dan petugas medis di Kabupaten Seluma.

TAIS, Bengkuluekspress.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, telah menyediakan sebanyak 3.250 unit alat rapid tes, yang nantinya akan digunakan untuk melakukan screening akhir terhadap Covid 19. Jumlah tersebut masih akan ditambah dengan bantuan dari Provinsi Bengkulu sebanyak 100 unit, sehingga diyakini akan cukup untuk melakukan screening akhir.

“Kita sudah siapkan sebanyak 3.250 unit alat rapid tes, dan ada juga tambahan dari Pemprov. Nantinya akan kita gunakan untuk melakukan screening akhir, guna untuk mendeteksi Covid-19,” tegas Kabid Pengendalian Penyakit Dinkes Seluma, Ahmad Tavip SIP.

Dijelaskan, nantinya seluruh masyarakat yang berstatus notifikasi serta tenaga medis dan tim gugus yang bekerja di gerbang terdepan, bahkan seluruh jurnalis di Seluma juga akan dilakukan rapid tes, untuk memastikan Seluma bebas dari Covid-19.

“Screening akhir ini, akan meliputi semua yang dianggap sangat rentan terhadap Covid-19. Kenapa akan kita lakukan screening akhir, karena menurut beberapa penelitian, bahwa pandemi ini, jika masyarakat tertib akan segera berakhir dalam waktu dekat,” imbuhnya.

Sejauh ini Dinas Kesehatan Seluma sudah siap untuk melaksanakan rapid tes tersebut, namun memang masih menunggu waktu yang benar-benar tepat, sehingga untuk sementara waktu masih akan menunggu keputusan dari tim gugus tugas Covid-19.

“Kita tinggal menunggu waktu yang tepat, apalagi saat ini sedang berpuasa. Jadi takutnya tidak diperbolehkan dalam mengambil sampel darah tersebut,” tutupnya. (333)